Kecamatan Kota Kisaran Timur keluar sebagai juara umum di festival seni nasyid dan qasidah tingkat Kabupaten Asahan tahun 2023.

Festival seni nasyid yang digelar selama 5 hari oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan tersebut di ikuti 25 Kecamatan telah memberikan performa terbaiknya untuk dapat meraih predikat terbaik, namun Kecamatan Kota Kisaran Timur sebagai juara umum. 

Selain juara umum, Kecamatan Kota Kisaran Timur juga meraih juara I grup nasyid putra dan juara harapan II grup nasyid putri. “ Festival seni nasyid sudah selesai tadi malam, dan yang juara juga sudah diumumkan. Kisaran Timur jadi juara umum,” demikian kata Plh Kadis Kominfo Asahan, Arbin Tanjung, Sabtu (24/06).

Tanjung menjelaskan bagi peserta terbaik pada festival ini akan diberikan penghargaan dari Pemkab Asahan dan hadiah berupa tropi serta uang tunai. “ Tentunya Pemkab mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kecamatan dan pihak lainnya yang telah mendukung kegiatan ini berjalan dengan sukses,” ujar Tanjung.

Sementara itu, Wakil Bupati Asahan Taufik ZA Siregar menyebutkan pelaksanaan festival seni qasidah merupakan sebuah wahana dalam rangka memelihara sekaligus sarana untuk mengimbangi masuknya budaya asing. Maka itu kegiatan religius dan sarat dengan kesenian Islam ini harus meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat. 
 

Kepada para peserta yang meraih juara diharapkan bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas di masa mendatang. Bagi grup terbaik Putra maupun Putri, tidak mutlak menjadi duta Kabupaten Asahan untuk mengikuti Festival Seni Qasidah Tingkat Propinsi. 

"Nantinya akan diadakan seleksi dan pemusatan latihan ( TC) untuk mencari personil-personil yang lebih baik sehingga menghasilkan grup atas nama Kabupaten Asahan,” ungkap Wakil Bupati, sembari mengatakan bagi peserta yang belum berhasil mengukir prestasinya, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan-kesempatan yang akan datang. 

Adapun grup festival seni nasyid putri yang juara yakni, Juara I Kecamatan Sei Dadap,
Juara II Kecamatan Sei Kepayang Barat, Juara III Kecamatan Kota Kisaran Barat, Harapan I Kecamatan Teluk Dalam, Harapan II Kecamatan Kisaran Timur, Harapan III Kecamatan Simpang Empat

Sedangkan grup Nasyid Putra, Juara I Kecamatan Kota Kisaran Timur, Juara II Kecamatan Kota Kisaran Barat, Juara III Kecamatan Tanjung Balai, Harapan I Kecamatan Rawang Panca Arga, Harapan II Kecamatan Air Batu, Harapan III Kecamatan Air Joman.

Instrumen terbaik putra dari Kecamatan Kota Kisaran Timur. Putri dari Kecamatan Sei dadap. Kemudian busana terbaik putra dari Kecamatan Tanjung Balai, putri dari Kecamatan Simpang Empat.
 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023