Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara memberikan edukasi politik kepada para pengunjung Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024.

"Untuk menyukseskan Pemilu 2024 kita ikut memberikan edukasi politik kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda yang jumlahnya sangat besar di pemilu nanti," ujar Sekretaris Badan Kesbangpol Sumut, Hendra Dermawan Siregar, di Medan, Rabu.

Hendra mengatakan pendidikan politik sangat penting bagi masyarakat, khususnya generasi muda dalam menghadapi Pemilu 2024. Mengingat jumlah pemilih muda pada pemilu tahun depan cukup besar, mencapai 60 persen dari total jumlah pemilih.

"Kita memberikan edukasi kepada para generasi muda dengan mengenalkan partai politik peserta Pemilu 2024 beserta visi misinya, agar masyarakat khususnya pemilih pemula memiliki pengetahuan sebelum menentukan pilihan," katanya.

Selain itu, Hendra menuturkan pihaknya juga memberikan layanan pengecekan daftar pemilih bagi masyarakat yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Caranya cukup dengan memberikan NIK KTP, nanti akan diketahui apakah kita sudah terdaftar di DPT, dan dimana TPS kita memilih,” ucapnya.

Hendra mengaku masyarakat sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Masyarakat khususnya para generasi muda ramai mengunjungi stan Kesbangpol.

"Selain di PRSU kita juga akan turun langsung ke masyarakat. Antara lain berkunjung ke sekolah-sekolah dan kampus untuk mengedukasi siswa dan mahasiswa, yang akan menjadi pemilih pemula dan pemilih muda para Pemilu mendatang," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023