PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara melalui PT Jasa Raharja Perwakilan Padang Sidempuan menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas bertempat di ruang rapat RM Pondok Parsotoan Sidojadi 2 Panyabungan,  Tapanuli Bagian Selatan.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Padang Sidempuan Soni Sumono, Rabu (21/6) mengatakan bahwa Dalam kegiatan FGD Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) wilayah Mandailing Natal berdasarkan data kecelakaan tahun 2022 korban kecelakaan lalu lintas dialami paling banyak pada usia 10 – 19 Tahun yang merupakan usia Pelajar. Dan tempat terjadinya kecelakaan yang terbanyak terjadi di Kecamatan Panyabungan dan Siabu dari seluruh wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

"Ini menjadi perhatian dari anggota Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) untuk bersama sama mencari solusi bagaimana agar angka kecelakaan tersebut dapat diminimalisir, salah satunya bisa dilakukan dengan sosialisasi kesekolah-sekolah agar para pelajar sadar akan keselamatan berlalu lintas," ucap Soni.

Pada kesempatan yang sama, anggota forum berdiskusi terhadap beberapa penyebab terjadinya resiko kecelakaan lalu lintas dan penumpang angkutan umum, Human Error, tingkat kepatuhan pengguna jalan dan pengguna kendaraan bermotor terhadap peraturan lalu lintas dan keselamatan berlalu lintas masih kurang, Pengendara Ranmor Roda Dua banyak usia yang belum dewasa, Kelayakan dan perlengkapan kendaraan bermotor masih kurang diperhatikan oleh pengguna kendaraan bermotor, Kelengkapan keselamatan berkendara tidak dipergunakan saat berkendara seperti helm, sabuk pengaman (Safety belt).


Kemudian jalan yang masih banyak berlubang dan tebing-tebing yang longsor dan tumbuh tumbuhan di pinggir jalan yang membatasi pandangan pengendara, Masih dirasakan kurangnya penerangan lampu jalan dan rambu serta papan peringatan jalan pada tempat-tempat rawan kecelakaan masih kurang tersedia.

Berdasarkan hasil kegiatan FGD Wilayah Kabupaten Mandailing Natal maupun Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara dapat disimpulkan adanya kesamaan penyebab terjadinya risiko kecelakaan lalu lintas dan penumpang angkutan umum. Oleh karena itu, FKLL masing-masing wilayah bersepakat akan melakukan tindak lanjut memberikan himbauan dan pelayanan maksimal kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi.

Dengan dilakukannya kegiatan FGD Forum Komunkasi Lalu Lintas ini, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Padang Sidempuan Soni Sumono berharap hal-hal yang sudah disepakati bersama bisa langsung diimplementasikan agar masyarakat semakin taat dalam berlalu lintas sehingga terwujud keselamatan berlalu lintas di wilayahnya masing-masing dan diharapkan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan rutin di seluruh wilayah kerja PT Jasa Raharja Perwakilan Padang Sidempuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023