Anggota DPRD Kota Medan Erwin Siahaan menyarankan agar Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar festival burung berkicau di daerah ini.

"Kepada para pejabat Dinas Pariwisata Medan memperbanyak berbagai ajang, seperti festival burung kicau tingkat nasional," kata Erwin, di Medan, Selasa.

Festival burung kicau, kata dia, merupakan salah satu inovasi yang bisa digelar Dispar Kota Medan di ibu kota Provinsi Sumut.

Lewat festival kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap tersebut akan mendatangkan banyak wisatawan tidak hanya lokal, tapi juga domestik dan bahkan mancanegara.

Legislator ini mengatakan festival burung berkicau tersebut bisa digelar selama satu pekan dengan setiap hari mengadakan lomba berbagai macam kategori.

"Tentu peserta menginap yang menghasilkan pendapatan bagi pengusaha hotel. Ini juga kesempatan kita melakukan promosi destinasi wisata, produk UMKM dan kuliner khas Medan," ujar dia pula.
 
Politisi ini juga mendorong agar pejabat Dispar Kota Medan harus kreatif, sehingga melahirkan gagasan dalam menghadirkan orang luar datang ke Kota Medan.

"Jangan program Dinas Pariwisata itu monoton, itu-itu saja setiap tahunnya. Tapi harus banyak ide cemerlang. Jangan harapkan hasil berbeda, tapi cara yang sama," kata Erwin.

Sekretaris Dispar Kota Medan Yuda Setiawan mengatakan pihaknya telah mendiskusikan secara internal bersama Plt Kepala Dispar Kota Medan Viza Fandhana.

"Hasil diskusi kami bersama Pak Plt Kadis disimpulkan Dinas Pariwisata akan mengusulkan festival burung berkicau dengan skala yang besar di Kota Medan," katanya pula.

Pihaknya menerangkan dibutuhkan kolaborasi dengan komunitas pencinta burung agar acara tersebut terselenggara dengan sukses.

"Karena acara ini sangat bagus dan menarik, sehingga bisa membawa wisatawan baik luar maupun dalam negeri datang ke Kota Medan," ujar Yuda.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023