Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 agar menghasilkan data lebih akurat, sehingga bisa mewujudkan kemajuan sektor pertanian setempat.
 
"Meskipun pertanian bukan sektor utama di Kota Medan akibat keterbatasan lahan, tapi kita dukung Sensus Pertanian 2023," ucap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan Muhammad Sofyan di Medan, Sumut, Kamis.
 
Sebab, lanjut dia, Pemerintah Kota Medan menginginkan sektor pertanian tetap bisa menghasilkan produk yang maksimal bagi warga di Ibukota Provinsi Sumatera Utara. 
 
Pihaknya menyebut Pemerintah Kota Medan mengapresiasi yang tinggi atas inisiasi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan dalam melaksanakan program ini.
 
"Ini menjadi bukti BPS Kota Medan siap meningkatkan sektor pertanian dengan menyediakan data terstruktur hingga ke unit terkecil yang dipergunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian," katanya. 
 
Sofyan juga memastikan bahwa dinas terkait hingga aparatur di seluruh tingkat pemerintahan siap berkolaborasi untuk membantu petugas BPS Kota Medan mengumpulkan data akurat di lapangan.

Melalui data akurat akan membantu Pemerintah Kota Medan dalam menyusun setiap kebijakan maupun perencanaan dalam menyukseskan pembangunan di sektor pertanian.
 
"Harapannya, setiap kebijakan Pemerintah Kota Medan yang dibentuk bisa menjawab seluruh permasalahan di masyarakat," ucap Sofyan. 
 
Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Nurul Hasanudin pertengahan Mei lalu mengatakan Sensus Pertanian 2023 akan dilakukan pada 1 Juni - 31 Juli mendatang.

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 9.700 orang petugas yang sedang dalam proses rekrutmen, terutama masyarakat berpengalaman dan ditargetkan akan selesai akhir bulan ini.
 
"Karena lebih mudah nanti di lapangan, jika sudah miliki pengalaman. Harapannya petugas di 33 kabupaten/kota bisa lebih mudah dalam menyapa masyarakat saat sensus," katanya. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023