Sekarang ini cryptocurrency merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diminati oleh masyarakat meski mengandung resiko yang tinggi.

Hal ini juga sesuai dengan nilai keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam waktu singkat.

Banyaknya jenis aset digital yang beredar sekarang ini tentu akan membuat bingung para investor pemula. Salah satu yang harus kamu ketahui adalah Tether atau disebut USDT, yang masuk dalam stablecoin yang banyak diminati.

Tether memiliki sistem nilai yang unik, stabil, dan level berdasarkan nilai mata uang lainnya. Padahal, ini bisa menjadi keunggulan unik yang bisa menguntungkan pemiliknya. Jadi apa yang dimaksud dengan Tether atau USDT? 

Apa itu USDT atau Tether?
Secara umum, Tether atau USDT adalah jenis aset crypto yang nilainya dijamin one-to-one sama dengan USD atau US Dollar. Oleh karena itu, cryptocurrency ini dapat dimasukkan ke dalam kategori stablecoin, atau jenis aset yang dirancang untuk memiliki nilai yang sama dengan aset yang stabil.

Seperti yang sangat disadari oleh para pemain mata uang crypto, instrumen ini dikenal memiliki volatilitas yang tinggi. Untuk itu alat-alat tersebut masih langka atau tidak dapat digunakan sebagai cara melestarikan nilai-nilai warisan atau sebagai alat perubahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Faktanya, cryptocurrency ini memiliki kemampuan untuk mentransfer aset lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah daripada penggunanya. Keberadaan stablecoin seperti Tether dapat menjadi solusi atau alternatif untuk menghadapi perubahan besar nilai kriptografi.

Dibangun di atas blockchain Ethereum, cryptocurrency ini menggunakan token standar ERC20 dan harganya dijamin oleh penerbit setara dengan USD. Tether sendiri mengalokasikan satu koin USD ke cadangannya saat mengeluarkan token baru. 

Harga USDT to IDR pun mengikuti dengan nilai dollar Amerika Serikat setiap waktunya. Selain itu, penerbit juga memastikan bahwa aset tersebut didukung secara memadai oleh kas atau sumber daya lain yang sesuai. 
Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.

Beragam Kegunaan Layanan Tether
Karena tingkat volatilitasnya yang tinggi, harga aset crypto dapat berubah secara dramatis. Bahkan, kenaikan dan penurunan nilainya bisa mencapai 20% dalam satu hari. Oleh karena itu, sulit untuk menggunakannya sebagai solusi untuk menyimpan nilai-nilai berharga.

Namun, sebagai stablecoin, USDT tidak  menghadapi volatilitas setinggi ini. Hal ini membuat jenis aset ini ideal untuk investor crypto karena mereka dapat menggunakannya untuk menyimpan aset USDT tanpa harus memperdagangkannya dengan mata uang tetap dan risiko kehilangan perdagangan saat perubahannya tinggi.

Selain itu ada beberapa kegunaan lain dari USDT, di antaranya:
1. Trading 
Pasar crypto buka 24 jam sehari. Dengan menukar nilai aset mereka dalam USDT, pelanggan dapat mengurangi risiko penurunan harga crypto yang cepat. Mengonversi BTC menjadi USDT ketimbang mata uang asli bisa dilakukan dengan lebih murah dan cepat sehingga menguntungkan trader. 

Tether juga memiliki tingkat likuiditas konsisten yang bisa ditransfer dengan fleksibilitas dan kecepatan selayaknya jenis aset crypto lain. Dengan cara ini, konsumen dapat dengan cepat melakukan transaksi crypto saat dibutuhkan.

 2. Alat pembayaran internasional 
Keuntungan lain dari aset crypto jenis ini adalah memudahkan pemiliknya untuk berdagang antar negara atau internasional. Nilai ini untuk semua jenis aset crypto, termasuk Tether. Namun, keuntungan dari cryptocurrency ini adalah harganya stabil dan sesuai dengan USD. 

Teknologi Blockchain berbasis crypto mampu membuat transaksi internasional atau internasional menjadi mungkin tanpa membutuhkan perantara yang biasanya membutuhkan banyak uang dan waktu. Jadi, daripada menggunakan bank atau jasa keuangan lainnya, aset crypto ini lebih bermanfaat digunakan sebagai metode pembayaran untuk transaksi internasional. 

3. Simpanan aset setara USD 
Keunggulan lainnya adalah bisa menjadi cara untuk menyelamatkan aset yang nilainya dalam USD. Orang-orang dari negara dengan mata uang rendah atau fluktuatif dapat menggunakan aset ini untuk meningkatkan keuntungan mereka. 

Karena mengikuti nilai mata uang USD yang membuatnya stabil, maka lebih mudah bagi mereka untuk menopang nilai asetnya daripada mengandalkan bank lokal atau mata uang yang tidak bisa menopang kebutuhan masyarakat secara konstan.
4. Infrastruktur DeFi 
Mata uang virtual atau yang biasa dikenal dengan DeFi merupakan salah satu contoh perkembangan yang populer dari dunia crypto dan banyak digunakan. Ada beberapa produk dan aplikasi DeFi yang menawarkan fasilitas pinjaman, bunga, dll.

Keberadaan Tether memberikan solusi berupa partisipasi dalam rantai agar nilai ekonomi tetap terjaga dan stabil. Token juga dapat digunakan sebagai token untuk berpartisipasi dalam jaringan DeFi tanpa mengkhawatirkan volatilitas pasar crypto.

Namun, karena aplikasi hanya dapat menangani aset crypto, perubahan besarnya membuat pengguna produk berisiko mengalami kerugian besar. 

Jumlah USDT yang Tersebar di Pasar 
Berdasarkan data hingga November 2021, USDT mendistribusikan pasar dan pasar menjadi satu miliar lebih dari 70 miliar akan dijanjikan ke USD. Tentang volume belanja bukti ini, untuk mencapai lebih dari 91 miliar selama 24 jam dalam setahun. 

Jika melihat informasi dan grafik perkembangannya, nilai bisnis Tether dan USDT terus meningkat secara signifikan dan menjanjikan. Pasalnya, jenis cryptocurrency ini bisa memberikan manfaat dan kegunaan yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Pengembang USDT 
Beberapa dari kamu mungkin tahu siapa pengembang Tether atau USDT. Pertama kali diperkenalkan sebagai Realcoin pada tahun 2014, USDT diciptakan oleh Brock Pierce, Craig Sellars, dan Reeve Collins. 

Brock Pierce sendiri adalah seorang pengusaha terkenal dan telah terlibat dalam proses pembangunan sejumlah perusahaan crypto top dan di industri hiburan. Pada tahun 2013, Brock Pierce membantu mendirikan Blockchain Capital, yang merupakan perusahaan modal ventura dan mengumpulkan lebih dari USD 80 juta pada tahun 2017 saja. 

Pierce juga merupakan direktur dari Bitcoin Foundation pada tahun 2014 dan menjadi organisasi nirlaba dan mempromosikan pembaruan dan mempromosikan crypto Bitcoin. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendiri mata uang crypto USDT adalah salah satu orang yang banyak berkontribusi dalam dunia mata uang crypto hingga menjadi salah satu instrumen yang dikenal luas oleh masyarakat saat ini. 

Cara mendapatkan Tether atau USDT 
Hal penting terakhir yang perlu kamu  ketahui tentang Tether atau USDT adalah cara mendapatkannya. Ada berbagai layanan atau platform yang bisa digunakan untuk membeli cryptocurrency ini dengan cara yang mudah dan nyaman. 

Contohnya adalah aplikasi pertukaran cryptocurrency yang dapat kamu gunakan di smartphone kamu. Yang terpenting, sebelum memilih aplikasi, periksa dulu legalitas dan kredibilitasnya. Pastikan terdaftar di Bappebti dan lembaga terkait lainnya untuk menghindari risiko penipuan.

Pewarta: Rilis

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023