Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara menyiapkan sebanyak 46 atlet terbaiknya untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Sumatera Utara dan Aceh sebagai tuan rumah bersama.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PASI Sumatera Utara, Irwan Pulungan di Medan, Rabu, mengatakan, ke-46 atlet tersebut merupakan hasil seleksi dari berbagai kejuaraan yang di kuti seperti kejuaraan nasional, pekan Olahraga Provinsi (Porprov) maupun invitasi atletik nasional.

Saat ini ke-46 atlet tersebut sedang menjalani Pelatda jangka panjang KONI Sumut. Mereka menjalani latihan secara intensiF setiap hari pagi dan sore di Stadion Universitas Negeri Medan maupun PPLP Sumut.

Ke-46 atlet tersebut adalah 28 atlet putra dan 18 putri. Atlet putra yakni Muhammad Ridho Saragih, M. Syahputra, Kurnia Ramadhoni, Rescan Mass, Arya Wanta Bangun, Candra Kirana, Andika Syahputra, Welman Pasaribu, Abdul Hafiz, Syahrian Bakti, Hardodi Sihombing, Syafaad Tarigan, Kahairuddin Syahputra, Baim Bagus Pramana Sirait dan Pramoedya Sufallah.

Kemudian Shafwan Hafizh Nasution, Berman Siahaan, Firton Lumbantoruan, Ayyub Niti Raharja, Bunayya Zaki, Daniel Simanjuntak, Juan Arya, Fadil Aulia Mufti, Riswandi Tanjung, Wusni Nop, Ariel Raynaldi Tarigan, Dwi Darmawan dan Denzel Usman

Sementara ke-18 atlet putri adalah Nela Agustin, Halimatussakdiah, Zeina M Meliala, Epiariani Tarigan, Fatimah Zahra Albanzari, Pramoedyastri Sufallah, Pretty Sihite, Sri Astuti, Rustika Sibagariang, Siska Simamora, Pesta Rameria, Nur Atika Siregar, Jelita Manulang, Elvi Alproani, Ayuningtias Amanda, Marini Aulia Sapni, Suryana Putri Aruan dan Ika fani Sembiring.
Ke-46 atlet tersebut didampingi 11 pelatih yakni Sukrat Singh, Sinung Nugroho, Joseph Hendry, Aidil Azhar, Zulkarnaen Purba, Jonny Siahaan, Nuriyoto, Nurhasim, Edi Herianto, Dumpang Parluhutan dan Antonius.

Ia mengatakan, ke-46 atlet yang saat ini menjalani Pelatda jangka panjang tersebut diharapkan untuk terus serius menyiapkan diri demi meraih hasil maksimal nantinya di PON XXI/2024.

Ditambah lagi, sistem promosi dan degradasi juga terus diterapkan, Artinya bagi atlet yang dinilai tidak memiliki kemajuan selama mengikuti Pelatda jangka panjang bisa diganti dengan atlet lainnya yang dinilai lebih siap dan memiliki progres.

"Secara berkala akan dilakukan evaluasi oleh PASI maupun KONI Sumut. Bulan depan akan ada tes kesehatan dan tes fisik oleh KONI Sumut yang merupakan bagian dari evaluasi. Bagi yang tidak memiliki kemajuan akan diganti dengan atlet lain," katanya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada KONI Sumut dan Dispora Sumut yang selama ini telah memberikan perhatian kepada atlet atletik Sumut yang dinilai juga sebagai penyemangat bagi para atlet untuk terus berlatih dengan keras.

"Kami bersyukur karena perhatian yang telah diberikan kepada atlet kami. Nutrisi dan fasilitas latihan yang selama ini dipakai tentunya menjadi penyemangat bagi anak-anak untuk terus berlatih secara maksimal," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023