Rektor Istitut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Albiner Siagian, didampingi Dekan audiensi dengan Pj Bupati Tapanuli Tengah, di rumah dinas Pj Bupati.

Tujuan silaturahmi Rektor IAKN dan Pj Bupati Tapteng,  untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Tapanuli Tengah, dalam berbagai hal. Terutama pemanfaatkan mahasiswa dari berbagai jurusan untuk PPL dan magang di Pemkab Tapanuli Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Istitut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Albiner Siagian mengatakan,  IAKN Tarutung telah memiliki tiga Fakultas, yaitu: Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) yang terdiri dari lima Prodi, Fakultas Ilmu Teologi (FIT) yang teridir dari tiga Prodi, dan Fakultas Ilmu Sosial Humaniora Kristen (FISHK) yang terdiri dari dua Prodi, ditambah satu Pascasarjana yang terdiri dari lima Prodi.

"Kita berharap dengan adanya nanti MoU antara IAKN Tarutung dengan Pemkab Tapteng, maka para mahasiswa dari IAKN Tarutung bisa menerapkan ilmunya di Kabupaten Tapanuli Tengah," ungkapnya.

Atas dukungan dan respon positif dari Pj Bupati Tapteng, Rektor IAKN Tarutung Albiner mengaku bangga dan senang. Walaupun baru bertemu, dia dapat melihat bahwa sosok dari Pj Bupati adalah sosok pemimpin yang baik dan memiliki gagasan yang baik pula.

“Kami sangat berterima kasih atas penyambutan beliau dan kami juga siap mendukung apa yang beliau harapkan lewat para mahasiswa kami yang nanti PPL dan magang di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Karena memang mahasiwa kami juga banyak yang berasal dari Tapteng ini,” ungkapnya usai pertemuan, Selas (16/05).

Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas, menyambut baik dan memberikan dukungan kepada IAKN Tarutung untuk terus berkembang baik itu dalam bidang ilmu dan peningkatan kampus. 

"Kami Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah, siap menjalin kerja sama dengan IAKN Tarutung, karena memang dibutuhkan para mahasiswa dari perguruan tinggi untuk mengedukasi masyarakat," katanya.

Masih katanya, kolaborasi ini sangat baik didalam melakukan kegiatan yang sifatnya membangun dan mendidik, dan itu sudah terlaksana di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan perguruan tinggi lainnya.

“Kami sangat terbantu jika adik-adik mahasiswa dari IAKN Tarutung PPL maupun magang di Pemkab atau di tengah-tengah masyarakat Tapteng. Karena banyak hal yang bisa kita kerjakan untuk membangun dan melayani masyarakat,” ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa kolaborasi itu sangat baik didalam melakukan kegiatan yang sifatnya membangun dan mendidik, dan itu sudah terlaksana di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan perguruan tinggi lainnya.

“Saat liburan Idul Fitri kemarin, kita melibatkan para mahasiswa dari STIKES Sibolga menjadi duta wisata yang turun langsung ke lapangan atau tempat-tempat wisata untuk mengedukasi masyarakat menjaga kebersihan. Mereka juga kita libatkan untuk memperkenalkan objek-objek wisata Tapteng. Artinya, dengan ada kolaborasi maka berbagai hal dapat dilakukan,” ungkapnya.

Ada pun tindak lanjut dari audiensi tersebut,  penandatangan MoU antara IAKN Tarutung dengan Pemkab Tapteng yang direncakan dilaksanakan di kampus IAKN Tarutung pada acara penerimaan mahasiswa baru bulan Juli mendatang. 

Turut mendampingi Rektor IAKN Tarutung dalam audiensi itu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen, Dr. Maringan Sinambela, Wakil Dekan FAK Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen, Rusmauli Simbolon, Kabag TU Fak Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen, Fernando Sirait dan Kepala Prodi Pariwisata Budaya dan Keagamaan, Tio RJ Nadeak. Dan yang mendampingi Pj Bupati, Plh Sekda Tapteng Herman Suwito dan Kadis Pendidikan Boy Rahman Hasibuan.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023