Jamaah Calon Haji (JCH) Tahun 2023 asal Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara mengikuti manasik haji, di Aula MtSN 1 di kota itu, Senin (15/5).
 
Kepala Kantor Kemenag Kota Padang Sidempuan, Masir Rambe, mengatakan manasik haji penting untuk menambah bekal ilmu bagi JCH yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah.
 
Manasik yang menghadirkan sejumlah narasumber kali ini mengusung tema "Semoga menjadi haji yang mabrur haji yang berkeadilan dan ramah Lansia" dan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran.
 
Adapun para nara sumber dalam manasik yang berlangsung selama empat (4) hari pertama di antaranya Kepala KUA Padang Sidempuan Utara H.Asroi Hasibuan, Imam Masjid Raya Al Abror Padang Sidempuan, dan H.Asrul Dalimunthe.
 
Kepala KUA Padang Sidempuan Utara Asroi Hasibuan, selaku ketua panitia manasik, mengatakan total jumlah JCH Kecamatan Padang Sidempuan Utara ada sebanyak 179 orang.

"Dengan rincian perempuan 103 orang dan 76 orang laki-laki atau jumlah JCH Padang Sidempuan Utara pada musim haji 1444 Hijriah ini terbanyak dari lima kecamatan se Kota Padang Sidempuan," kata Asroi yang dalam materinya terkait "tradisi dan kultur sosial budaya Arab".
 
Kepada seluruh JCH yang hadir dalam manasik tersebut, Asroi berpesn kepada seluruh JCH untuk tetap dapat menjaga kekompakan sesama jamaah di samping menjaga hati tetap iklas, sabar dan menjaga kesehatan.
 
"Mudah-mudahan dengan manasik ini seluruh JCH Padang Sidempuan khususnya Padang Sidempuan Utara dapat melaksanakan seluruh rangkaian pelaksanaan mulai dari rukun, wajib dan sunat haji dengan baik. Dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah," harapnya.
 
Turut hadir dan memberikan wejangan di acara manasik yang sejak dari pagi hingga sore hari itu, Ketua IPHI Kota Padang Sidempuan H.Martua Raja Harahap, dan Ketua MUI Padang Sidempuan Utara H.Arlinsyah.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023