Partai Golongan Karya atau Golkar optimistis akan mampu mempertahankan kursi Ketua DPRD Labuhanbatu pada pemilihan legislatif 2024.

"Insya Allah kita akan pertahankan juara dan pastinya kursi Ketua DPRD di pemilihan legislatif," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe usai mendaftarkan 45 bakal calon legislatif tingkat kabupaten di KPU Labuhanbatu, Minggu (14/5) sore, di Rantauprapat.

Andi menyampaikan, Partai Golkar telah menyerahkan dokumen bakal calon legislatif baik secara fisik maupun online untuk diperiksa dokumen administrasinya oleh penyelenggara pemilihan daerah.

Menurutnya, Golkar merupakan partai pemenang legislatif 2019-2024 di Kabupaten Labuhanbatu dengan capaian 10 kursi, sehingga kemungkinan kemenangan itu akan terulang kembali mengingat calon legislatif dari Golkar cukup mumpuni serta siap berlaga pada 2024.

"Partai Golkar Labuhanbatu ada 10 kursi pada periode sebelumnya dan itu akan kita pertahankan," ujar Andi Suhaimi didampingi sejumlah pengurus DPD Partai Golkar Labuhanbatu.

Andi mengaku akan terjun langsung dalam pemilu legislatif untuk menargetkan kursi ketua DPRD Labuhanbatu. Bupati Labuhanbatu 2019-2021 itu belum memikirkan menjadi kepala daerah atau bupati.

"Saya sampaikan tadi, dahulunya ada 10 kursi, kita target tetap 10 kursi dan tetap akan menjadi juara di Kabupaten Labuhanbatu, saya pun sebagai calon di tingkat kabupaten dan saya ingin menjadi ketua DPRD Labuhanbatu," jelas Andi Suhaimi.
 
Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritongan mendaftarkan bakal calon legislatif tingkat kabupaten di KPU Labuhanbatu. (ANTARA/HO)

Sementara Partai Nasdem juga mengincar kursi Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu dengan 'menggoyang' raihan 10 kursi yang kini dikuasai Partai Golkar.
Kader partai besutan Surya Paloh, Erik Adtrada Ritonga, merupakan Bupati Labuhanbatu periode 2021-2024, sehingga target ketua DPRD Labuhanbatu dari Partai Nasdem dapat melengkapi capaian politik mendatang.

"Terget kita 12 kursi. Kalau soal ketua itu peraturan yang menentukan, fraksi yang terbanyak mendapat kursi tentu fraksi itulah yang dapat jatah ketua. Tentu kita tidak tahu fraksi mana yg lebih banyak capaian kursinya," jelas Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Labuhanbatu, Arsyad Rangkuti ketika dihubungi dari Rantauprapat.

Arsyad mengaku telah menyeleksi dan menempatkan bakal calon legislatif yang layak. Untuk mewujudkan harapan tersebut, pihaknya juga menyarankan agar para caleg bersinergi dan berkontribusi di tengah-tengah masyarakat.

"Soal langkah-langkah kita hanya bisa berusaha mencari caleg yang layak dan mumpuni dan memotivasi mereka agar bersosialisasi dengan masyarakat," ujar Arsyad Rangkuti yang juga pimpinan DPRD Labuhanbatu ini.

Sementara pada pemilihan legislatif 2019-2024 di Kabupaten Labuhanbatu dikuasai oleh Partai Golkar 10 kursi, dengan capaian masing-masing dua kursi dari lima daerah pemilihan.

Sedangkan Partai Nasdem memperoleh empat kursi di DPRD Labuhanbatu, mengalahkan PDI-P yang sempat memperoleh 6 kursi pada 2014-2019.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023