Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Kota Medan memastikan tampil sebagai juara umum Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumatera Utara II/2023 setelah mengumpulkan 66 medali emas, 27 perak, dan 30 perunggu, sekaligus berhak memboyong piala tetap juara umum.

Dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, Medan unggul di sejumlah cabanng seperti atletik, boccia, renang, catur, dan judo. Torehan ini sekaligus sukses Medan pertahankan juara umum Peparprov Sumut yang pernah diukir pada 2017.

Ketua NPC Kota Medan Zainul Kahfi di Medan, Minggu, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi perjuangan para atlet dan ofisial yang turut mengantarkan Kota Medan juara umum untuk kedua kalinya. Ini adalah prestasi membanggakan bagi NPC maupun atlet, sekaligus awal mula yang baik menuju Peparnas 2024.

"Ini sesuai dengan target kontingen NPC Medan kembali pertahankan juara umum. Saya bangga dengan perjuangan mereka, dan juga kerja keras ofisial. Ini adalah penghargaan yang pantas buat kami," kata Zainul.

Sementara itu, berada di posisi dua klasemen akhir perolehan Medali adalah NPC Kabupaten Deli Serdang dengan mengumpulkan 33 emas, 23 perak, dan 9 perunggu. Kemudian posisi tiga Asahan dengan 15 emas, 1 perak, 4 perunggu. Peringkat empat adalah kota Binjai dengan 10 emas, 5 perak, dan 3 perunggu. Serdang Bedagai melengkapi peringkat lima besar dengan 8 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.
Sebelumnya, Peparprov Sumut 2023 resmi ditutup Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting yang berlangsung di Aula Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPVBBL) .

Menurut Alan, ajang Peparprov ini adalah awal mula bagi atlet untuk menuju event lebih tinggi, terutama menyongsong Peparnas 2024. Alan juga mengingatkan kepada atlet untuk tidak berpuas diri dan terus mengasah lebih kemampuan sebelum berlaga di Peparprov.

"Saya juga mengajak semua pengurus NPC kabupaten dan kota kiranya usai Peparprov ini jangan lama beristirahat, lanjutkan program latihan. Mengingat event Peparprov menyisakan satu tahun lagi," ujar Alan.

Alan juga mendorong agar NPC kabupaten dan kota memiliki ambisi dan target membina atlet potensial yang bisa membela kontingen Indonesia mulai ajang ASEAN Para Games hingga paralimpik.

"Jangan hanya Medan dan Deli Serdang, kami pengurus NPC mau semua kabupaten dan kota di Sumut bisa melahirkan atlet dunia, seperti atlet NPC Deli Serdang Putri Aulia tembus hingga ke Paralimpik," pesannya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023