Komisioner ( Kordiv) P3S ( Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa) Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) Rafle Purba telah mengundurkan diri dari Bawaslu Kabupaten Padang Lawas. Berkas pengajuan pengunduran diri dari lembaga pengawas pemilu itu, diajukannya ke Bawaslu Sumut, pada tanggal 10 April 2023 lalu. Dan tindak lanjut dari pengajuan pengunduran dirinya itu, ia telah dinonaktifkan sejak tanggal 2 Mei 2023 lalu, oleh Bawaslu Sumut.

"Saya telah non aktif sejak tanggal 2 Mei 2023 lalu. Sekarang saya bergabung sebagai Bacaleg dapil 3 Palas, untuk pemilu 2024 mendatang dari Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB),"kata Rafles kepada ANTARA, di sela - sela kegiatannya saat mendampingi Ketua DPC PKB Palas H. Fahmi Anwar Nasution pada acara pendaftaran pengajuan berkas bacaleg pemilu tahun 2024, ke KPU Palas, Sabtu (13/5) sore semalam.

Ketua Bawaslu Palas Rahmat Efendi Siregar membenarkan proses penonaktifan Rafles Purba dari Bawaslu Palas itu. Yang saat ini, meurutnya tinggal menunggu SK pemberhentian dari Bawaslu RI.

"Pengunduran diri itu merupakan hak beliau. Dan yang jelas pengunduran saudara Rafles sesuai aturan, dan tidak akan mengurangi integritas dan kinerja jajaran Bawaslu Palas kedepan,"tegas Rahmat menanggapi pengunduran diri Rafles Purba dari lembaga yang dipimpinya itu ( Bawaslu Palas) saat dikonfirmasi ANTARA, disaat yang sama, di Kantor KPU Palas. Sembari menambahkan berkas pengajuan bacaleg Rafles Purba itu, untuk saat ini telah memenuhi syarat.

Sedangkan, untuk Komisioner P3S penganti Rables Purba di Bawaslu Palas itu, dikatakan Rahmat, pihaknya masih manunggu keputusan Bawaslu Sumut. 

Ketua DPC PKB Palas H. Fahmi Anwar Nasution juga membenarkan pencalonan anggota legislatif untuk pemilu tahun 2024, Rafels Purba tersebut. Dengan bergabungnya, Rafles Purba di partai yang dipimpinnya itu, ia berharap, dapat menambah perolehan suara dan kepercayaan masyarakat terhadap pihaknya pada Pemilu tahun 2024 mendatang. Termasuk masyarakat Kecamatan Hutaraja Tinggi dapil lima, wilayah pelaksanaan pemilihan untuk bacaleg Rafles Purba di pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

Sebelumnya, ia menyebutkan, pengajuan berkas bacaleg untuk pemilu tahun 2024 dari pihaknya, telah diterima KPU Palas pada kegiatan itu. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan KPU Palas terhadap pihaknya pada acara penyerahan berkas pengajuan bacaleg DPR Palas untuk pemilu tahun 2024 tersebut.

Kegiatan pengajuan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU Palas itu, turut dihadiri Sekretaris PKB Palas  Elfin Hamonagan Harahap, bersama pengurus dan puluhan kader PKB Palas lainnya.(*)
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023