Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi menyampaikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jajwaban (LKPJ) Wali Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran (TA) 2022, Senin (08/05/2023) di ruang sidang DPRD. 

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua, para Wakil Ketua dan anggota DPRD yang telah memberikan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Wali Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran 2022. 

"Yang secara substansial merupakan wujud konkrit untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sebagaimana diharapkan pada pasal 71 ayat 3 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah," ucap Pj. Wali Kota. 

Dan berdasarkan rekomendasi tersebut, disebutkan Pj. Wali Kota, akan menjadi tolok ukur dan penilaian kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang kami laksanakan selama ini dari sisi yang berbeda. 

"Yakni perlunya upaya yang lebih eksploratif pada aspek proses, keluaran atau ouput, dan hasil atau outcome pada saat penyusunan dan pelaksanaan program dan kegiatan, pelayanan administrasi pemerintahan, dan pelayanan publik," urai Pj. Wali Kota.

Atas hal tersebut, Pj. Wali Kota berujar akan segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut guna memenuhi ketentuan Pasal 16 Ayat (6) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang evaluasi dan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

"Tentunya dengan menyesuaikan kepada peraturan dan ketentuan yang berlaku. untuk rekomendasi yang bersifat teknis akan segera kami tindaklanjuti,"

"Sementara untuk rekomendasi yang berimplikasi terhadap keuangan daerah, akan menjadi kewenangan dan kewajiban kami untuk mengawal dan menyelesaikan proses tindaklanjut atas rekomendasi DPRD Kota Tebing Tinggi, agar terpenuhinya penerapan azas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," jelas Pj. Wali Kota.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023