Kepala Terminal Terpadu Amplas Medan Edi Manurung memprediksi arus balik ke Ibukota Provinsi Sumatera Utara mulai terjadi pada H+3 Lebaran Idul Fitri 2023.
 
"Arus balik Terminal Amplas itu, biasanya kita H+3 sesudah Lebaran. Berarti tanggal 26 April mendatang dari luar kota menuju Kota Medan," ucap Edi di Medan, Sumut, Senin.
 
Arus balik ke Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini, terang dia, didominasi dari tiga provinsi di Sumatera, yakni Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.
 
Sebab masyarakat Kota Medan dan sekitarnya cukup antusias melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023 menggunakan bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) ke tiga provinsi itu.
 
Data Angkutan Lebaran Terminal Terpadu Amplas Medan 2023 tercatat total bus AKAP mulai H-7 hingga H+1 berangkat 207 unit dengan jumlah penumpang 4.899 orang.
 
Sementara jumlah bus AKAP yang tiba di Terminal Terpadu Amplas Medan di periode tersebut sebanyak 23 unit dengan jumlah penumpang 565 orang.
 
"Pemudik yang banyak itu dari Pekanbaru, Jambi, Muara Bungo, Kerinci dan Padang," terang Edi.
 
Anggi Sibarani, Direktur Operasional Bus AKAP Bintang Utara mengatakan puncak arus balik bakal terjadi dua gelombang, yakni H+2 dan H+6 Lebaran 2023.
 
"Gelombang besar pertama itu 25 April karena ASN masuk kerja pada 26 April, dan kedua puncaknya di 29 April karena anak-anak masuk sekolah," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023