Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mendistribusikan zakat ASN di lingkungan Pemkot Medan yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada 1.886 orang warga kurang mampu.
 
"Kami harapkan pendistribusian zakat ini bisa membantu kebutuhan di Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," ucap Bobby didampingi Ketua Baznas Medan Muhammad Nursyam dan pejabat terkait di Medan, Kamis.
 
Pihaknya menyebutkan zakat ini mempunyai nilai manfaat dan sangat dibutuhkan oleh warga kurang mampu yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.
 
Apalagi ketika memasuki 1 Syawal setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, maka ada kewajiban yang harus ditunaikan menjelang hari kemenangan, yaitu membayar zakat.
 
"Kita berharap seluruh  Muslim di Kota Medan bisa merasakan kebahagiaan di hari tersebut. Ke depan akan kita optimalkan zakat ASN Pemerintah Kota Medan," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Medan lepas 2.262 orang pemudik gratis gunakan 57 bus

Wali kota juga mengimbau umat Islam di Ibukota Provinsi Sumatera Utara segera menunaikan kewajiban membayar zakat di hari terakhir bulan suci Ramadhan.
 
"Pemberian zakat ini juga menunjukkan rasa kepedulian, dan berbagi kebahagiaan sesama  Muslim di Kota Medan," tutur Bobby.
 
Ketua Baznas Medan Muhammad Nursyam melaporkan, bahwa jumlah zakat ASN di lingkungan Pemkot Medan yang dibayarkan kepada pihaknya sebesar Rp431.105.000.
 
"Sesuai pesan wali kota kita, kiranya Baznas menyalurkan zakat ASN Pemkot Medan ini kepada warga kurang mampu di seluruh kecamatan di Kota Medan," katanya.
 
Dia menyebutkan zakat ASN di lingkungan Pemkot Medan ini dibagi kepada 1.886 paket terdiri atas beras, minyak makan, gula pasir dan uang tunai Rp100 ribu.
 
"Memang nilainya masih kecil, namun kita berharap dapat bermanfaat dan mengalirkan pahala bagi orang-orang membayar zakat,” ungkapnya. 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023