Sebanyak 5.182 orang peserta mengikuti mudik gratis bertema "Mudik Bareng Pemkot Medan 2023" ke 12 daerah tujuan di Provinsi Sumatera Utara.

"Pemberangkatan peserta mudik gratis ini kita lakukan selama tiga hari mulai 19 April sampai 21 April 2023," jelas Kepada Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis di Medan, Rabu.

Ia melanjutkan terdapat 12 kota menjadi tujuan pemudik di Provinsi Sumatera Utara, yakni Pakpak Bharat, Sidikalang, Sibolga, Sipirok, dan Kota Pinang.

Kemudian Padang Sidempuan, Tarutung, Panyabungan, Mandailing Natal, Rantau Prapat, Gunung Tua, dan Sibuhuan.

"Kita sediakan waktu lima hari bagi calon pemudik untuk mengambil tiket. Adapun jumlah armada yang kita gunakan 130 bus besar," tuturnya

Lima ribuan pemudik ini, di antaranya mulai diberangkatkan pada hari ini dengan jumlah sebanyak 2.262 orang pemudik menggunakan 57 bus.
Kemudian pada Kamis (20/4), akan diberangkatkan dengan jumlah pemudik sebanyak 2.138 orang menggunakan 53 bus.

"Hari terakhir pada Jumat (21/4), ada 782 pemudik dengan 20 bus. Untuk keberangkatan difokuskan di Jalan Masjid Raya Al Mashun," kata Iswar di hadapan Wali Kota Medan Bobby Nasution sebelum melepas 2.262 pemudik.

Iswar juga menerangkan tujuan pemudik yang di paling dekat Kota Sidikalang di Kabupaten Dairi, dan Kota Tarutung di Kabupaten Tapanuli Utara.

"Sedangkan tujuan pemudik paling jauh adalah Kota Panyabungan di Kabupaten Mandailing Natal," ungkap Kadishub.

I Lubis, peserta mudik gratis mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Medan karena menggelar program "Mudik Bareng Pemkot Medan" dua tahun berturut-turut.

"Alhamdulillah, tahun lalu saya ikut mudik gratis diberangkatkan di Lapangan Merdeka. Tahun ini ikut lagi, dan Insya Allah tahun depan saya akan ikut program ini," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023