Terminal Terpadu Tipe A Amplas di Kota Medan, Sumatera Utara, mendirikan posko monitoring dan pelayanan perhubungan darat pada masa angkutan Lebaran 2023.

"Ini posko induk, jadi semua instansi akan kita fungsikan mulai besok," kata Kepala Terminal Amplas Medan Edi Manurung di Medan, Sumut, Minggu.

Semua instansi di posko induk itu, terang dia, di antaranya Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut, Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, dan Palang Merah Indonesia Provinsi Sumut.

Adapun pendirian posko ini untuk menjamin keselamatan pemudik, terutama warga Kota Medan dan sekitarnya yang menggunakan transportasi darat guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Posko ini melayani mereka melaksanakan mudik menggunakan transportasi angkutan kota antara provinsi (AKAP) dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) di Kota Medan.
"Selain itu, sebagai pusat layanan informasi tujuan pemudik ke tujuan masing-masing di Provinsi Sumatera Utara," paparnya.

Ia juga menambahkan pendirian posko ini sebagai bentuk kesiapan melayani pemudik di masa mudik Lebaran 2023, termasuk berbagai fasilitas di Terminal Amplas.

Edi juga mengatakan saat ini mulai terjadi pergerakan pemudik yang melakukan perjalanan antarkota di Sumut, sementara perjalanan jauh dari Terminal Amplas Medan belum terjadi.

Untuk pergerakan pemudik di Terminal Amplas diprediksi akan terjadi pada 18-22 April mendatang atau sejak H-4 Lebaran 2022.

"Namun, untuk posko terpadu ini, kita mengikuti kegiatan posko, baik dari kepolisian maupun pusat (Jakarta)," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023