Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebakatan Olahraga bakal menggelar seleksi penerimaan calon atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Tahun Ajaran 2023.Seleksi dilakukan untuk 10 cabang olahraga minus cabor Tinju yang tahun ini masih berada di bangku sekolah kelas dua. 

Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian SH M.SI melalui Kepala UPT Kebakatan Olahraga Apri Sugiarto SE didampingi Kasi Pelatihan Olahraga Rusli SH, Jumat (7/4) di Medan mengatakan sebanyak 46 atlet pelajar akan diterima untuk tahun ajaran 2023. 

Apri menjelaskan rincian calon atlet pelajar yang akan diterima dari 10 cabor yakni cabang atletik 11 orang, angkat besi 2 orang, gulat 4 orang, judo 1 orang, karate 4 orang, pencak silat 3 orang, panahan 2 orang, sepakbola 11 orang,  taekwondo 4 orang, dan wushu sanda 4 orang. 

Tahapan seleksi kata Apri dimulai dengan pendaftaran peserta dari tanggal 10-30 April 2023. Selanjutnya tes kecabangan, fisik, kesehatan dan psikotes akan dilaksanakan pada 13 hingga 16 Mei 2023.Peserta yang lulus akan diumumkan 25 Mei 2023.

“Dalam seleksi nanti kita akan mendatangkan tim penguji yang profesional dan kompeten di bidangnya,” ujar Apri. 

Dia mengatakan materi seleksi yang akan diuji adalah keterampilan cabor, antropometri, test fisik, test kesehatan dan psikotes.

Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah biodata, surat rekomendasi dari pengurus cabang olahraga (klub), foto copy ijazah terakhir dilegalisir, foto copy rapor dilegalisir, foto copy Kartu keluarga, foto copy sertifikat kejuaraan, pas photo 4×6 ( 2 lembar), surat keterangan sehat dari rumah sakit (puskesmas).

Selain persyaratan administrasi,Apri Sugiarto juga menjelaskan tentang persyaratan khusus setiap cabor dimana tahun kelahiran 2006 s/d 2009. Khusus untuk sepakbola tinggi badan minimal 165 cm dan Goal kiper minimal 175 cm.

“Dispora Sumut telah menyurati Dispora kabupaten/kota agar mengirimkan atlet pelajar berprestasi dari daerah masing-masing sesui dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan,” pungkasnya. ()

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023