Masyarakat kota Medan, Sumatera Utara, antusias tukar uang di Lapangan Benteng, Medan guna menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah/2023.

"Hari pertama penukaran uang, terlihat antusias yang sangat tinggi. Tercatat dalam data ada 900 nomor langsung habis," ucap Asisten Direktur Kehumasan KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Jazari Abdul Hamid, di Medan, Senin.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara menggelar penukaran uang rupiah pecahan kecil (UPK) .

Jazari menjelaskan telah menyiapkan 9 mobil penukaran uang agar masyarakat tak lama menunggu di antrian tersebut.

"Di samping itu, agar lebih cepat dan membuat rasa nyaman dalam penukaran uang tersebut, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan teman-teman Brimob dan TNI," sebut Jazari.

Hari pertama layanan penukaran uang pecahan kecil tidak ada kendala sama sekali. Selain itu, BI juga dapat membantu bagi warga yang menukar walaupun diwakili.

"Sepanjang warga tersebut membawa KTP dan surat kuasa, kami akan membantu dalam penukaran uang pecahan kecil tersebut," ujarnya

Pada layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H dilakukan pada tanggal 3 sampai 18 April 2023.

Salah satu warga yang melakukan penukaran, Putri mengaku cukup senang dengan adanya layanan penukaran uang pecahan kecil ini.

"Adanya penukaran melalui aplikasi sangat lancar dan penukarannya tersusun rapi. Saya cepat menukar uang baru ini untuk menyambut Lebaran nanti. Karena ditakutkan kehabisan," tambahnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023