Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus SE MM menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2022 pada sidang paripurna yang digelar di DPRD setempat, Jumat (31/3).

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Labura H Indra Surya Bakti Simatupang SH MKn didampingi Wakil Ketua Muhammad Rafiq dan Ir H Yusrial Suprianto Pasaribu. Sidang tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH dan pimpinan OPD.

Pada kesempatan ini bupati menyampaikan beberapa hal terkait capaian prioritas pembangunan daerah tahun 2022 yang diarahkan pada berbagai sektor pembangunan. 

Sektor tersebut meliputi perbaikan dan penyempurnaan pelayanan pemerintah daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kesehatan, penguatan dan peningkatan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan, dan penguatan kelembagaan pemerintahan desa serta pembangunan berbasis pedesaan.

Di bidang pendidikan, bupati menyampaikan tentang peningkatan kualitas pendidikan masyarakat mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga pendidikan menengah sampai perguruan tinggi.

Di bidang kesehatan, Pemkab melakukan pelayanan peningkatan kesehatan penduduk pada tahun 2022 dalam penanganan wabah pandemi Covid-19, operasi katarak, sunat massal serta imunisasi nasional.

Di sektor pertanian, kegiatan yang dilaksanakan Pemkab adalah melaksanakan perbaikan jaringan irigasi dan pengadaan bibit unggul serta pemenuhan sarana dan prasarana teknologi pertanian.

Terkait laporan keuangan TA 2022 melalui APBD Labura, secara garis besar Bupati menyampaikan untuk pengelolaan pendapatan daerah TA 2022 sebesar Rp979,308 miliar lebih dari target yang ditetapkan sebesar Rp991,418 miliar lebih. 

Sementara pendapatan daerah dari PAD terealisasi Rp50,627 miliar lebih dari target Rp54,492 miliar lebih. Pendapatan daerah yang bersumber dari pendapatan transfer dengan realisasi Rp918,560 miliar lebih dari target sebesar Rp925,545 miliar lebih.

Sedangkan pendapatan bersumber dari lain-lain pendapatan daerah yang sah terealisasi sebesar Rp10,120 miliar lebih.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023