Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Ramadhan setelah melakukan survei langsung ke sejumlah pasar tradisional.

"Pemkab Sergai melaksanakan survei harga kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Perbaungan sebagai upaya memastikan kecukupan bahan pokok di pasaran," kata Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan di Seirampah, Rabu.

Dari hasil pantauan di pasaran, stok sembako cenderung cukup, bahkan pada komoditas tertentu jumlahnya melimpah. Dari segi harga, dirinya juga menjelaskan jika trennya normal dan stabil untuk hampir semua jenis bahan pangan.

Survei langsung ke pasar tradisional tersebut, menurut dia, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga barang yang stabil serta terjangkau bagi masyarakat.

"Jelang Ramadhan, survei ke pasar rakyat seperti ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga stabil pada barang-barang kebutuhan pokok yang banyak dibeli  masyarakat selama bulan puasa, seperti beras, daging, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bahan-bahan makanan lainnya," katanya.

Ia menjelaskan salah satu tantangan yang dihadapi dalam momen hari besar adalah pengendalian inflasi harga-harga komoditas utama.

Selain itu, dirinya menyebut survei kali ini juga merupakan kesempatan baginya untuk melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dan pedagang di pasar, sehingga pihaknya dapat menyerap aspirasi langsung terkait kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan pedagang.

"Semoga kondisi seperti ini bisa bertahan untuk seterusnya sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman dan tenang," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023