Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mencatat baru 21 persen pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di daerah itu yang memanfaatkan kredit perbankan.

Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Sumut, Naslindo Sirait di Medan, Selasa, mengatakan jumlah pelaku UMKM di Sumut sebanyak 1,1 juta orang, namun, hanya segelintir dari jumlah tersebut yang mengajukan pinjaman ke bank.

"Dari sekian banyak jumlah tersebut, namun hanya 21 persen pelaku UMKM di Sumut yang melakukan akses ke perbankan," ujarnya.

Untuk itu, Naslindo mengatakan pihaknya akan terus mendorong pelaku UMKM di Sumut untuk memanfaatkan fasiiitas KUR yang sudah disiapkan Pemprov Sumut.

"Ya kami mendorong pelaku UMKM agar memanfaatkan fasilitas KUR untuk pembiayaan dan pengembangan usaha," katanya.

Nasilndo menjelaskan upaya yang dilakukan Pemprov Sumut yakni dengan memberikan sejumlah fasilitas dan mendorong perbankan agar lebih gencar lagi dalam menyosialisasikan tawaran terhadap masyarakat.

"Upaya mendorong peningkatan kredit untuk UMKM juga melalui fasilitasi dan dorongan kepada perbankan agar lebih masif dan gencar untuk sosialisasi terkait berbagai bentuk pembiayaan yang di tawarkan oleh perbankan ke masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023