Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung menggandeng Dinas Kesehatan Tapanuli Utara untuk melakukan uji sampel kelayakan higienis sanitasi dan makanan demi mewujudkan dapur higienis.

"Tim penilai dari Dinkes Taput telah melakukan uji sampel kelayakan higienis sanitasi dan makanan bagi warga binaan pemasyarakatan agar dapat memperoleh sertifikat laik higienis," ungkap Humas Rutan Tarutung, Muhammad Nurdin Tanjung, Sabtu (11/3).

Disebutkan, sejumlah sampel telah diambil yakni sampel makanan berupa nasi, lauk pauk, air bersih, dan air minum, yang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diuji kelayakannya.

"Kebersihan dalam pengelolaan makanan dan minuman menjadi perhatian khusus di Rutan Kelas IIB Tarutung. Selain memastikan kualitas bahan makanan, petugas juga harus melakukan pengawasan dalam proses pengolahan serta pendistribusian dengan lebih menekankan pada sisi higienisnya agar makanan yang disajikan bersih dan sehat sehingga layak untuk di konsumsi," jelasnya.

Hasil uji sampel laboratorium akan diterima pihaknya dalam seminggu ke depan. 

Seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Tarutung berharap Rutan Tarutung bisa mendapatkan dan mempertahankan sertifikat laik hiegenis tersebut.

"Dapur yang bersertifikasi laik higienis sangat penting untuk menjamin kualitas dari olahan makanan dan minuman yang akan didistribusikan kepada warga binaan. Kami siap untuk mengikuti seluruh prosedur pemeriksaan hingga Rutan Tarutung nantinya memperoleh predikat tersebut," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023