Pengurus daerah Pencak Silat Tenaga Dasar (PSTD) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar kejuaraan pencak silat open PSTD Bupati Madina Cup I tahun 2023.

Kejuaraan pencak silat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Madina ke 24 tahun itu berlangsung di gedung Serbaguna Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.

Kejuaraan ini sendiri berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada Minggu (26/2) dan akan berakhir pada Selasa (28/2).

Ketua pengurus daerah PSTD Provinsi Sumatera Utara, Benny Fatahillah Lubis kepada wartawan, Senin (27/2) menyampaikan, kejuaraan pencak itu diikuti oleh 250 orang peserta dari enam perguruan. 

Keenam perguruan tersebut yakni PSTD, Penjuru Angin (PSPA), Paku Banten (PSPB), Tapak Suci (PSTS), Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), dan perguruan Harimau Rimbo.

Benny mengatakan, antusias atlet cukup tinggi pada kejuaraan itu. Hal ini dibuktikan dengan jumlah atlet yang mendaftar mencapai sekitar 400 orang. Namun, panitia melakukan pembatasan peserta yaitu hanya 250 orang saja.

"Animo masyarakat cukup tinggi, tapi panitia melakukan pembatasan, jumlah peserta pada kejuaraan ini 250 orang dari 6 perguruan," katanya

Dia menjelaskan, kejuaraan pencak silat ini salah satu upaya mencetak atlet berprestasi di Kabupaten Madina. Selain itu, kejuaraan ini juga diharapkan bisa menekan kenakalan remaja terutama anak sekolah sehingga nantinya terhindar dari perbuatan terlarang seperti penyalahgunaan narkoba.

Dengan terlaksananya kegiatan itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Madina, PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) dan Bank Sumut yang berperan aktif mendukung dan men-sponsori kejuaran ini.

"Kepada pak bupati, jajaran PT SMGP dan Bank Sumut kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya sehingga kegiatan ini terlaksana. Mari kita support masyarakat khususnya anak-anak kita meraih prestasi melalui kejuaraan di bidang olahraga. Karena olah raga dapat melahirkan generasi yang sehat secara jasmani dan rohani," tuturnya. 

Terpisah, Wakil Kepala Teknik Panasbumi PT SMGP, Ali Sahid mengungkapkan rasa bangganya atas banyaknya atlet muda yang ambil bagian sebagai peserta pada kejuaran pencak silat itu.

SMGP, kata Ali Sahid, dari dahulu berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam membangun daerah termasuk mendukung kejuaraan pencak silat

"Itu komitmen kita dari dahulu, bagaimana perusahaan ini bisa berkontribusi baik secara ekonomi bagi masyarakat khususnya yang ada di lingkar wilayah kerja. Juga mendukung prestasi bidang olah raga. Semoga kami tetap bisa membawa manfaat lebih luas lagi bagi daerah dan masyarakat kita," kata Ali Sahid.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023