Teguh Pria Sandi, bocah "Gasing" asal SDN 100613 Pasar Lama, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di panggil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

Bocah kelas IV sekolah dasar ini dipanggil LBP untuk bertemu dengan lima (5) anak "Gasing" Indonesia lainnya. Pertemuan di Institut Teknologi Del, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (23/2).

Seluruh Enam bocah "Gasing" yang bertemu dengan LBP, Teguh Pria Sandi asal Tapsel, Kayla Grandny Tinangon - Azhalia Grasyela (Kota Bitung), Carren Nathania Purba (Tapanuli Utara), Alena Richelle Pardosi (Dairi) dan Nono asal Nusa Tenggara Timur.

Di katakan, LBP bangga dan bertemu mengingat ke enam anak jenius yang kini di latih khusus di Institut Teknologi Del, untuk persiapan mewakili Indonesia dalam Olimpiade Matematika hitung cepat metode "Gasing" tingkat Asean pada November mendatang.

Di situ, LBP memberi semangat serta motivasi semangat kepada anak-anak "Gasing" agar lebih tekun selama mengikuti pelatihan dengan harapan kelak dapat membawa sekaligus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Demikian halnya Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu, juga merasa bangga atas prestasi Teguh Pria Sandi yang mengharumkan nama sekolah dan nama daerah ke ajang kompetisi Asian Science and Mathematic Olympiad for Primary and Secondary School (ASMOPSS) yang rencananya diadakan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, November 2023 mendatang.

Kata Dolly, persiapan Teguh mengikuti pelatihan selama 10 bulan oleh Prof Yohanes Surya beserta tim dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ) di Institut Teknologi Del. Metode "Gasing" suatu metode pembelajaran matematika hitung cepat singkatan dari (gampang, asyik, dan menyenangkan).

"Karenanya saya sangat apresiasi semoga Teguh nantinya dapat mengikuti program pelatihan dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan demi mengharumkan nama Sumatera Utara khususnya Kabupaten Tapsel dan Indonesia," kata Dolly.

Atas prestasinya ini jualah, Teguh sudah bertemu Presiden Ri Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan dua kali dengan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023