Tiga cabang olahraga yakni Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI), Hapkido Indonesia (HI) dan Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di Medan, Senin, mengatakan, ketiga cabang olahraga tersebut disahkan sebagai anggota KONI Sumut pada rapat kerja yang digelar pekan lalu.

"Dengan diterimanya sebagai anggota baru KONI Sumut, mudah-mudahan memberi semangat baru bagi kemajuan olahraga di SUmatera Utara," katanya.

Bergabung nya ketiga cabang olahraga baru tersebut membuat KONI Sumut kini memiliki anggota sebanyak 61 cabang olahraga dan 32 KONI kabupaten/kota. Cabang olahraga terdiri dari 57 cabang prestasi dan 4 badan fungsional.

Pada bagian lain ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah menggelar kembali Pelatda Jangka Panjang PON 2024 yang dimulai 1 Februari 2023 dengan melibatkan 47 cabang Olahraga.

"Pelatda diikuti 643 atlet, serta 150 pelatih dan wasping, jadi total keseluruhannya 793 orang. Tes fisik dan kesehatan juga sudah dilakukan terhadap atlet binaan," katanya.

Baca juga: KONI Sumut optimistis raih 95 medali emas di PON 2024

Dengan telah berjalan nya Pelatda jangka panjang, pihaknya optimistis menatap Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dan berkeyakinan mampu meraih target 95 medali emas pada ajang akbar olahraga Indonesia itu.

PON PON XXI Aceh-Sumut 2024 dilaksanakan pada 8 hingga September 2024 dengan mempertandingkan 33 cabang olahraga di Aceh dan 34 cabang olahraga di Sumatera Utara dengan 1033 nomor pertandingan.

"Kita mengharapkan PON XXI menjadi yang terbaik bagi Sumatera Utara dan Indonesia. Kita juga yakin mampu mencapai target besar dengan target 95 medali emas," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023