Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara mengajak insan olahraga di daerah itu agar mewujudkan slogan "Bersatu Kita Juara" yang menjadi tagline PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Ayo kita wujudkan 'Bersatu Kita Juara', supaya Sumatera Utara mencapai target pada PON 2024. PON ini kebanggaan kita semua, karena baru ada lagi di daerah kita setelah 73 tahun lamanya," kata Kepala Dispora Sumatera Utara Baharuddin Siagian di Medan, Jumat.

Jika semua insan olahraga di Sumatera Utara bersatu dan bekerja dengan ikhlas, ia berkeyakinan Sumut minimal peringkat empat di PON mendatang. Hal itu tentunya juga harus diwujudkan dengan kerja keras dan saling mendukung.

"Jadi semua cabang olahraga gelarlah kejuaraan, buatlah iven sebanyak-banyaknya. Tolong dibantu juga berapa sebenarnya anggaran yang memadai untuk masing-masing cabor. Setidaknya data itu sudah ada akhir Maret mendatang," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga memaparkan tentang persiapan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh, termasuk sebaran venue pertandingan di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara.

"Sesuai hasil rapat terbatas Presiden Joko Widodo dengan Menpora dan Ketua KONI Pusat, PON 2024 akan dibuka 8 September 2024 di Aceh dan penutupan 20 September 2024 di Sumut. Kita semua harus bekerja keras agar PON mendatang sukses," katanya.

Sementara Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, pihaknya saat ini terus menyiapkan atlet agar benar-benar siap nantinya berlaga di PON XXI/2024, di antaranya dengan kembali menggelar pelatda jangka panjang mulai 1 Februari 2023 dengan melibatkan 47 cabang olahraga.

"Pelatda diikuti 643 atlet serta 150 pelatih dan wasping, jadi total keseluruhannya 793 orang," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023