Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar program mudik bareng gratis bagi masyarakat setempat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.

"Pak wali ingin Pemkot Medan kembali menggelar mudik bareng gratis tahun ini, bahkan ditingkatkan dari sebelumnya," terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis di Medan, Kamis.

Di Idul Fitri tahun lalu, lanjut dia, Pemkot Medan memberangkatkan sekitar 3.500 orang warga untuk mudik gratis ke sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Sementara tahun ini pihaknya berencana meningkatkan jumlah pemudik menjadi sekitar 5.000 orang warga ke 12 kabupaten/kota tujuan di Sumatera Utara.

Adapun 12 tujuan program mudik bareng gratis ini meliputi Medan - Pakpak Bharat, Medan - Sidikalang, Medan - Sibolga, Medan - Sipirok dan Medan - Kota Pinang.

Kemudian rute Medan - Padangsidimpuan, Medan - Tarutung, Medan - Panyabungan, Medan - Natal, Medan - Rantauprapat, Medan - Sibuhuan dan Medan - Gunung Tua.

"Kita batasi 5.000 orang diberangkatkan ke 12 kabupaten/kota. Berapa orang per kota tujuan, belum kita tentukan. Tergantung dari banyaknya permintaan ke masing-masing tujuan," ucapnya.

Untuk loket pendaftaran akan dibuka awal Maret 2023 di beberapa titik, di antaranya kantor Dishub Kota Medan di Jalan Pinang Baris, Pos Dishub Kota Medan di Taman Ahmad Yani dan UPT Dishub Kota Medan di Terminal Amplas.

Sedangkan pemberangkatan mudik bareng gratis oleh Pemkot Medan tersebut akan dilaksanakan pada H-3, H-2 dan H-1 Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pihaknya mengimbau warga Kota Medan maupun luar Kota Medan yang beraktivitas di ibu kota Provinsi Sumatera Utara segera mempersiapkan untuk mendaftarkan diri.

"Selain mendaftar langsung di tiga lokasi itu, kita juga membuka pendaftaran secara daring. Untuk tanggal, tempat atau link pendaftaran segera kita umumkan dalam waktu dekat," tutur Iswar.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023