Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan, Sumatera Utara, menyediakan 298 lowongan pekerjaan, termasuk penyandang disabilitas di job fair (bursa kerja) mini.

"Job fair mini di halaman kantor Kecamatan Medan Deli cuma sehari diikuti 10 perusahaan dengan 298 lowongan kerja," ucap Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Medan, Duma Gultom di Medan, Rabu.

Lowongan pekerjaan yang tersedia, lanjut dia, mulai dokter, HRD manager, apoteker, perawat, kepala cabang, penjualan, staf dan tenaga keamanan.

Bahkan dalam lowongan pekerjaan ini terdapat perusahaan yang mencari tenaga kerja khusus bagi penyandang disabilitas di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Job fair mini dibuka pukul 9.00 WIB hingga jam 16.00 WIB ini umumnya pencari kerja mendaftar dahulu di aplikasi SIDUTA (Sistem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan).

Selain mendata pencari kerja di Kota Medan lewat aplikasi SIDUTA, baru kemudian bisa langsung berhubungan dengan perusahaan di bursa kerja mini ini.

"Baru satu perusahaan mencari tenaga kerja penyandang disabilitas yakni Alfamidi. Ada 10 lowongan kerja bagi penyandang disabilitas, sementara pencari kerja terlihat antusias," kata Duma.

Riski Kartika, tim rekrutmen Alfamidi.mengaku pihaknya membuka lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja penyandang disabilitas di Kota Medan.

Hal ini mengikuti amanah Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas bahwa perusahaan wajib mempekerjakan satu persen penyandang disabilitas dari total jumlah karyawan.

Pihaknya juga menyebut bahwa kebijakan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan, karena tidak ada perbedaan antara tenaga kerja.

"Meski kita ikuti aturan pemerintah, tapi kita tak langsung satu persen. Namun secara bertahap mulai dari 0,8 persen menjadi satu persen," terang Riski.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023