Wali Kota Medan Bobby Nasution menginginkan perayaan keagamaan dan kebudayaan dapat sejalan dengan pergerakan perekonomian saat menghadiri Perayaan Thaipusam di Medan, Sumut. 

"Kita sepakat setiap perayaan keagamaan maupun kebudayaan di Kota Medan selaras dan sejalan pergerakan perekonomian," ujar Bobby dalam sambutan di depan Kuil Sree Soepramanniem Nagarattar, Medan, Ahad (5/2). 

Untuk itu, lanjut dia, Pemkot Medan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebisa mungkin setiap perayaan keagamaan dan kebudayaan menjadikan ibu kota Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata. 

Sebab, menantu Presiden Joko Widodo mengaku tujuan setiap perayaan keagamaan dan kebudayaan agar dinikmati oleh seluruh masyarakat, termasuk manfaat perputaran ekonominya.

"Pemkot Medan menjamin seluruh pemeluk agama di Kota Medan dapat dengan penuh khusyuk dan hikmah menjalankan kegiatan ibadahnya," tutur Bobby. 

Wali kota juga mengucapkan kepada seluruh umat Hindu selamat menikmati Perayaan Thaipusam 2023. 

"Mudah-mudahan tahun depan kita dapat membuat Perayaan Thaipusam ini  lebih baik dan besar lagi sehingga dapat memutar perekonomian Kota Medan," katanya.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah) mendapat kehormatan di Perayaan Thaipusam di depan Kuil Sree Soepramanniem Nagarattar, Medan, Ahad (5/2/2023).  (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)


Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Matha Riswan mengatakan esensi Perayaan Thaipusam adalah manifestasi Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk Dewa Murugan berjanji memberi rahmat kemenangan bagi seluruh umat yang menyemarakkan perayaan ini.

Sejak puluhan tahun lalu, jelas dia, banyak umat Hindu pergi merayakan Perayaan Thaipusam ke negara lain. Tapi kini PHDI bersama tokoh agama dibantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan melaksanakan Perayaan Thaipusam.

"Hari ini jadi catatan sejarah yang tidak terlupakan, sebab di bawah kepemimpinan Abangda Bobby Nasution, kami umat Hindu diberi perhatian yang sangat luar biasa," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar dalam laporannya mengaku, Perayaan Thaipusam tahun ini dikemas menjadi kegiatan bertajuk Medan Street Festival Thaipusam 2023. 

"Rangkaian ini digelar untuk memeriahkan kegiatan ini, termasuk melaksanakan bazar yang diikuti 43 stan dari pelaku UMKM umat Hindu," ungkap dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023