Dua orang cendikiawan muslim Kabupaten Padang Lawas ( Palas) Drs. H. Rohyan Hasibuan M.Pd dan Hj. Nur Khoiriyah Hasibuan menerima piagam penghargaan dari Kementerian Agama ( Kemenag) Kabupaten Padang Lawas ( Palas)

Piagam penghargaan dari Kemenag Palas itu, diserahkan Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, SIK, M.Si dan Kajari Palas Teuku Herizal SH, MH kepada masing - masing penerima.

Prosesi serah terima piagam penghargaan tersebut, berlangsung dalam rangkaian acara resepsi  hari amal bhakti ( HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ( RI) yang digelar Kemenag Palas di GOR ( Gedung Olah Raga) Bercahaya, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kamis (26/1)

Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan MA mengatakan pemberian piagam penghargaan kepada cendikiawan muslim Palas Drs. H. Rohyan M.Pd itu, dibidang tokoh literasi. Baru - baru ini dikatakannya, H. Rohyan telah mencetuskan karyanya menulis sebuah buku dengan judul "Menggapai Rakyat Sejahtera" Kabupaten Padang Lawas dalam timbangan historiografi yang mengangkat sejarah lahirnya Kabupaten Padang Lawas dari Kabupaten induk Tapanuli Selatan.

Sedangkan pemberian piagam penghargaan kepada cendikiawan muslim Hj. Nur Khoiriyah Hasibuan, sambung Kakan Kemenag, ia berperan aktif sebagai tokoh penggerak majelis taklim Amalia Akbar Barumun Raya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya ( BERCAHAYA).

"Terimakasih kepada tuan guru Drs. H. Rohyan M.Pd yang telah meluangkan waktu untuk menulis buku sejarah kelahiran pemekaran Kabupaten Palas. Dan terimakasih juga kepada ibu Hj. Nur Khoiriyah yang telah berperan aktif sebagai penggerak majelis taklim amalia akbar yang hingga kina programnya masih terus berjalan bersama para kaum ibu - ibu yang lain di Kabupaten Padang Lawas yang kita cintai bersama ini,"tutur H. Abdul Manan dalam kutipan sambutannya diacara ini.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini Kakan Kemenag juga menucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan atas kehadiran mereka diacara resepsi penutupan rangkaian peringan HAB Kemenag RI yang digelar pihaknya pada tahun 2023 ini.

Selain kegiatan pemberian piagam penghargaan kepada cendikiawan muslim Palas, pada acara penutupan resepsi peringatan HAB ke - 77 ini, disampaikan Kakan Kemenag pihaknya juga menggelar sejumlah rangkaian acara kegiatan lainnya. Termasuk launching webside Kemenag Kabupaten Padang Lawas dengan alamat www.padanglawas.kemenag.go.id dan launching buku Menggapai Rakyat Sejahtera karya Drs. H. Royhan M.Pd itu.

"Kami berharap dan meminta kesediaan bapak Sekda Palas Arpan Nasution untuk melaunching webside resmi Kemenag Palas dan launching buku Menggapai Rakyat Sejahtera karya tuan guru Drs. H. Royhan M.Pd. Dan kepada bapak Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra dan bapak Kajari Palas Teuku Herizal juga mohon kesediaanya untuk memberikan piagam penghargaan kepada dua cendikiawan muslim kita. Kepada bapak Ketua BSPPL H. Pauzan bersama bapak Ketua PN, Ketua PA Sibuhuan, Kepala Bank Sumut, Ketua MUI dan Ketua NU Palas, juga mohon kesediaannya untuk meyerahkan piagam penghargaan sejumlah lomba yang kita gelar sebelumnya kepada anak - anak santri dirangkaian peringatan HAB ke- 77 ini,"pinta H. Abdul Manan di acara ini.

Mewakili Plt Bupati Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution mengapresiasi pelaksanaan kegiatan resepsi peringatan HAB Kemenag RI ke - 77 yang digelar Kemenag Palas tersebut. 

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepada panitia atas  sambutan mereka terhadapnya beserta rombongan di acara tersebut. Serta atas kesempatan yang diberikan panitia terhadapnya untuk meluncurkan buku sejarah pemekaran Kabupaten Palas  karya Drs. H. Royhan M.Pd itu (Menggapai Rakyat Sejahtera), sekaligus meluncurkan website  resmi kemenag Palas pada acara ini.

"Alhamdulillah, ini merupakan suatu kehormatan bagi saya bersama Kakan Kemenag, dan unsur Forkopimda, karena disaksikan oleh ribuan peserta dan undangan telah melaunching website Kemenag Padang Lawas dan Buku Karya Tuan Guru Ayahanda Drs. H. Royhan M.Pd,"ucap Sekda Arpan mewakili Plt Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam kutipan sambutannya dikegiatan ini.

"Semoga dengan hadirnya website Kemenag Kabupaten Padang Lawas akan memberikan banyak manfaat dalam membantu masyarakat mencari dan menggali berbagai macam informasi-informasi publik khususnya di bidang keagamaan, diantaranya informasi tentang haji dan umroh, pernikahan, pendidikan kegamaan, dan informasi dari kegiatan Kemenag Padang Lawas,"sambungnya.

Lebih lanjut pada kesempatan ini, Sekda Arpan juga menyampaikan apresiasinya kepada tokoh literasi cendikiawan muslim Palas Drs. H. Royhan M.Pd yang telah menginisiasi serta menulis dengan sempurna sebuah buku sejarah pemekaran Kabupaten Padang Lawas berjudul Menggapai Rakyat Sejahtera itu.

"Tentunya, inspirasi dan kreatifitas dengan pertimbangan historiograf patut ditiru dan kita dukung bersama. Saya berharap buku ini akan menjadi literasi serta pedoman dan tuntunan untuk menambah, menggugah motivasi, semangat, serta rasa percaya diri bagi kita semua untuk menjadi lebih baik pada masa kini dan masa yang akan datang  menuju masyarakat Padang Lawas yang sejahtera dan semakin Bercahaya," ujar Sekda.

Saat yang sama, Ketua BSPPL ( Badan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas) Hm Pauzan Hamidy Hasibuan juga menyampaikan apresiasinya terhadap Kemenag Palas atas pelaksanaan kegiatan resepsi penutupan HAB ke -77 Kemenag RI ini. Ia juga menyatakan dukungan pihaknya kepada Kemenag Palas untuk terus berinovasi kedepan menuju masyarakat Kabupaten Padang Lawas yang Bercahaya.

Acara ini turut dihadiri tokoh ulama se Kabupaten Padang Lawas, para kepala sekolah MI, MTS dan MA beserta para guru dan pimpinan pondok pesantren. Juga ketua majlis taklim, serta mewakili perwiritan se - Palas dan tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023