Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP. kembali mengikuti rakor (rapat koordinasi) pengendalian inflasi daerah secara daring, Selasa (24/01/2023) di ruang Aula Balai Kota. 

Rakor tersebut dipimpin Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Jend.Pol.(Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA., Ph.D dan diikuti Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati, Wali kota beserta Forkopimda secara daring di daerah masing-masing.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian meminta kepada setiap Kepala Daerah agar tidak bosan untuk menjaga inflasi. Karena menurutnya inflasi merupakan persoalan global.

Lebih lanjut Mendagri mengungkapkan perkembangan inflasi Indonesia pada bulan Desember 2022, bahwa inflasi tahun ke tahun dan tahun kalender sebesar 5,51 persen, yang mana inflasi bulan ke bulan sebesar 0,66 persen. 

"Kita beryukur kepada Allah SWT, inflasi masih terkendali di 5,51 persen. Mari kita bekerja kedepan lebih keras lagi," pinta Mendagri.

Disampaikan Mendagri bahwa Indonesia mendapat banyak apresiasi dari dunia, karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik dan inflasi juga relatif terjaga.

"Bapak Presiden juga sampaikan terimakasih atas upaya-upaya seluruh Pemerintah Daerah, karena menjaga inflasi tidak bisa dikerjakan pemerintah pusat sendiri, terutama peran pemerintah daerah menjadi sangat penting," ujarnya.

Untuk Inflasi di Kota Tebing Tinggi sendiri, berdasarkan data BPS Tebing Tinggi, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti data dari IHK Kota Pematang Siantar. 

Di bulan Desember 2022, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar (m to m) sebesar 1,61 sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 6,16 persen.

 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023