Sebanyak tiga (3) orang Guru asal Tapanuli Selatan (Tapsel) dipercaya menjadi pelatih sejumlah guru lain di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Mereka dipercayakan oleh Yayasan Indonesia Teknologi Jaya (YITJ) yang didirikan Prof Yohanes Surya Ph.D terkait Program Pandai Berhitung Metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan).

Ketiganya yakni Aisyah Fitri Pulungan, S.Pd Guru SDN 100718 Napa, Batang Toru, Royen Panggabean S.Pd Guru SDN 101409 Huta Raja, Tano Tombangan, dan Dedy Nasution S.Pd Guru SDN 100102 Panobasan, Angkola Barat.

Waktu untuk melatih yang diberikan kepada Aisyah Fitri Pulungan dan Royen Panggabaen di Simalungun mulai 26 Januari hingga 11 Februari 2023, sedang Dedy Nasution di Sumedang mulai dari 30 Januari hingga 15 Februari 2023.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu mengaku senang dan bangga mendapat kabar kualitas guru yang pada 2022 dilatih Prof Yohanes terkait program matematika metode GASING selama dua pekan sudah dipercaya mampu menularkan ilmunya ke yang lain.

Tidak saja guru, bahkan Teguh Pria Sandi, murid kelas IV SDN Pasar Lama, Kelurahan Sigalangan, Kecamatan Batang Angkola, Tapsel lewat metode GASING sudah bertemu Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta pekan lalu.

"Khusus kepada ketiga guru yang akan berangkat menjadi asisten trainer memberikan materi program metode GASING di Simalungun dan di Sumedang agar dapat menjaga nama baik daerah serta juga kesehatan," pesan Bupati.

Pesan bupati sebagaimana sampaikan Kadis dan Kasi Kurikulum dan Peserta Didik pada Dinas Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu dan Sarif Husin Harahap menghubungi ANTARA, Minggu (22/1).

Terpilihnya ke tiga tenaga pengajar tersebut setelah hasil observasi YITJ selama mendapat pelatihan Program Pintar Menghitung Metode GASING di Batang Angkola pada Tahun 2022 lalu.

Di katakan ada sebanyak 30 guru SD dan 90 murid SD yang sudah mendapatkan pelatihan program pintar matematika metode GASING oleh Prof Yohanes.

"Selain bermanfaat bagi wilayah lain, guru-guru "GASING" Tapsel yang sudah mendapat sertifikat dari YITJ diharap TA 2023 ini dapat menularkan ilmunya bagi ratusan dari ribuan potensi guru SD dan murid SD se Tapsel," katanya.

Menurut Ketua YITJ Bryan Raharja sesuai isi surat undangan Nomor 10/UM/BRD/YITJ/I/2023 bahwa seluruh pembiayaan tiket, akomodasi, konsumsi ketiga guru yang dipercaya sebagai asisten trainer tersebut di tanggung YITJ.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023