Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) membuka pelatihan Las dan Tata Boga bagi masyarakat kabupaten itu. Tujuannya melahirkan tenaga terampil sekaligus mengurangi pengangguran.

Kadis Tenaga Kerja Tapsel Ahmad Radja Nasution, Selasa (17/1), mengatakan pelatihan itu kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun Anggaran 2023.

Untuk gelombang pertama pada bidang Las sendiri membutuhkan sebanyak 28 orang peserta, sedang untuk Tata Boga sebanyak 18 orang. 

"Nantinya seluruh peserta yang telah mendaftar dan di terima akan dilatih di Balai Latihan Kerja Tapsel beralamat di  Siharang Karang, Padang Sidempuan," katanya.

Kesempatan cukup baik dan berharga bagi masyarakat Tapsel khususnya untuk mendapatkan bekal ilmu demi kehidupan-nya masing-masing ke depan (berdikari).

"Selain mendapat pelatihan gratis, selama mengikuti pelatihan pada bidang tata boga (pembuatan kue dan roti) diberi lagi uang saku di samping akomodasi lainnya," tambahnya. 

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu dalam sebuah keterangan tertulisnya menyebut hasil pelatihan Tata Boga Tahun 2022 sudah ada dua peserta yang berdikari membuka toko kue di Sipirok dan Batang Toru.

"Melalui pelatihan seperti ini kami menginginkan dan mendorong terus usaha-usaha masyarakat tumbuh yang pada gilirannya ekonomi bergeliat pengangguran berkurang," tegas Dolly.

Untuk lebih jelasnya bagi yang berminat untuk mendaftar mengikuti pelatihan dapat menghubungi pihak panitia dengan nomor kontak (0821 7041 7633 atau 0813 7722 1201 serta 0812 9927 3567) sebab kuota dan waktu mendaftar terbatas.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023