Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawas (Palas) H. Abdul Manan, MA melantik Yunus Husein Harahap, SPd menjadi Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabuapten Padang Lawas.

Prosesi pelantikan dan pengucapan ikrar sumpah jabatan Kaur TU MAN 2 Padang Lawas ini berlangsung di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Palas, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin (2/1) siang.  

Acara pelantikan ini turut dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kemenag Palas Ahmad Saidi Hasibuan, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah H. Ahmad Husein Nasution, Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Sahut Martua Lubis, Kasi Bimas Islam, Drs. H. Darwin Nasution, Kasi PHU H. Abaror, S.Pd dan Rohaniawan Khoiruddin Daulay. Juga para Kepala Madrasah Negeri dan Kepala KUA Kecamatan di jajaran Kemenag Palas.

Mengawali sambutannya di kesempatan ini, Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan menyampaikan ucapan selamat kepada Kaur TU MAN 2 Palas yang baru dilantiknya itu. Ia berharap Yunus Husein Harahap ke depan dapat  menjalankan tugas dengan baik.

Disampaikan Kakan Kemenang Palas, bahwa kepala urusan tata usaha madrasah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan. Meliputi administrasi pendidikan, pengajaran, kesiswaan, alumni, perencanaan, keuangan, dan humas yang bertanggungjawab kepada kepala madrasah terhadap pelaksanaan tugas - tugas kegiatan tersebut.

Untuk itu, guna mensukseskan program tugas kerja, ia berpesan kepada Yunus Husein Harahap supaya tetap berkoordinasi dan bekeja sama dengan kepala madrasah sebagai pimpinan di sekolah.

"Kaur TU sebagai fasilitator, harus bisa bekerja sama dengan Kepala Madrasah. Lengkapi segala sesuatunya. Jika madrasah jorok, maka fasilitasi kebersihannya. Jika fasilitasnya tidak memadai, maka lengkapi fasilitasnya. Jadi, kaur madrasah harus tahu betul semua yang ada di madrasah itu apa kekurangaNnya. Itulah yang dimaksud sebagai fasilitator tugas dan fungsi Kaur TU Madrasah,” tandas H. Abdul Manan.

Kepada Paringgonan Tanjung selaku Kaur TU MAN 2 Palas sebelumnya, Kakan Kemenag Palas mengucapkan terimakasih atas dedikasi pengabdiannya selama ini. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan atas kehadiran mereka di acara tersebut.

"Terimakasih sekali lagi kepada seluruh tamu undangan kami. Semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT. Dan kiranya melalui acara yang sederhana ini dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara kita semua ke depannya," sambung Kakan Kemenang Palas.
 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023