Ketua PD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Langkat H Iskandar Sugito SPd MM dan jajarannya menyambut hangat kedatangan rombongan DMI Labuhanbatu Utara yang melaksanakan kunjungan silaturrahmi ke kabupaten itu, Sabtu. 

Didampingi Sekretarisnya Juli Hukman SE dan sejumlah pengurus lainnya, Iskandar menyatakan kebahagiaan mereka atas kedatangan rombongan dari tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

"Selamat datang ke Labura. Beginilah kami adanya," katanya saat memberi sambutan pada acara yang dilaksanakan di Balai Diklat Imam dan Khatib DMI Langkat tersebut kepada Ketua DMI Labura H Indra SB Simatupang SH MKn dan Sekretaris Suratin SPd yang memimpin rombongan Labura.

Pria berjanggut putih bersih tersebut juga menjelaskan, gedung yang menjadi tempat pertemuan baru selesai sekitar setahun. Gedung dibangun dengan dana pengurus dan sumbangan pihak yang bersimpati dengan DMI.

"Tanah ini merupakan pinjam pakai dari Pemkab. Sedangkan pembangunannya berasal dari pengurus DMI dan pihak yang simpati sehingga mau memberikan infaknya," ujar Iskandar. 

Pada bagian lain, ia juga menjelaskan berbagai program yang dilaksanakan lembaganya. Diakuinya, masih banyak kekurangan atau program yang belum maksimal sentuhannya terhadap ummat melalui masjid dan mushalla yang jumlahnya lebih 2.000 dan tersebar di 23 kecamatan di Langkat.

Sedangkan Ketua DMI Labura Indra Simatupang pada kesempatan itu selain mengenalkan pengurus yang hadir, juga menjelaskan berbagai program yang akan dan sudah dilakukan.

Saat ini DMI Labura, lanjutnya sedang berupaya agar masjid, musholla dan tanah wakaf yang ada di kabupaten tersebut tersertifikasi sehingga tidak akan terjadi persoalan di kemudian hari. Karena menurutnya, terkadang ada hibah yang dituntut ahli waris karena tidak bersertifikat.

Selain itu, pria yang juga Ketua DPRD Labura tersebut juga menyebutkan, pihaknya telah dan sedang berupaya melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa lembaga. 

Saat ini diantara lembaga yang telah melakukan MoU dengan DMI adalah Bank Syariah Mandiri (BMI) Aekkanopan serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Labura.

Silaturrahmi yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut juga diisi dengan sejumlah pertanyaan dari anggota DMI Labura berkaitan dengan program yang dilakukan DMI Langkat.

Diantara rombongan DMI Labura adalah Wakil Ketua H Harun, H Nasar Usman, H Syofyan Panjaitan dan Bendahara M Nuh yang juga anggota DPRD Labura dari Partai Golkar.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022