Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 di wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Polres Madina mengerahkan 224 personil dan mendirikan empat pos pelayanan (Posyan).

Adapun keempat Posyan tersebut berada di Kecamatan Siabu, Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Muarasipongi dan Kecamatan Natal.

Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Mandailing Natal, AKBP HM Reza Chairul Akbar Sidiq pada apel gelar pasukan operasi "Lilin Toba tahun 2022" di halaman Mapolres Mandailing Natal, Kamis (22/12) mengatakan, bahwa operasi Lilin ini dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

"Saya berharap pengamanan ini dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023 berjalan dengan kondusif," ujarnya.

Kapolres menyampaikan, jika momentun Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. 

Hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

Selanjutnya, pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyebarangan antara pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.

Maka dari itu untuk memberikan pelayan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi umum di bandara, terminal dan pelabuhan, agar melakukan pengaturan jadwal keberangkatan.

"Dorong pembelian tiket secara online dan lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama stakeholder terkait, guna mengantisipasi terjadi kepadatan penumpang," jelasnya.

Dalam apel pasukan itu turut juga dihadiri Asisten III Pemkab Madina, ketua pengadilan negeri, kasubden pom, kepala BNNK, Wakapolres, kepala BPBD, ketua Organda dan sejumlah undangan lainnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022