Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendana Kecamatan Pantai Labu Patimah Purba S.Pd mengatakan perempuan harus menjadi lentera bagi keluarga.

Karena, tolok ukur kesuksesan bagi perempuan masa kini adalah apabila keberhasilan membangun karir dibarengi dengan kesuksesan mengelola rumah tangganya.

"Wanita adalah jantung dalam setiap rumah tangga. Perempuan dalam keluarga memegang berbagai peranan penting yakni, “Menteri Pendidikan” bagi anak-anaknya, mendidik dan mengajari tentang keyakinan beragama, adab dan norma, fisik dan mental, intelektual, dan psikologi sehingga terbentuk kepribadian baik dalam diri sang anak," ujar Fatimah.

Hal itu disampaikanya usai menerima penghargaan Gender Champion 2022 dari Bupati Deliserdang di Balairung, Rabu (21/12).

Ia mengatakan, peran penting perempuan selanjutnya dalam keluarga “kegiatan belajar mengajar” harus menjadi figur dan memberi contoh baik untuk anak.

Ibu juga “Menteri Kesehatan” harus memperhatikan asupan nutrisi setiap anggota keluarga, menyajikan hidangan dengan kreatifitasnya, hingga merawat anggota keluarganya sakit.

Selain itu, perempuan “Menteri Keuangan” yang mengelola pemasukan dan pengeluaran setiap harinya, memastikan semua kebutuhan terpenuhi sesuai prioritasnya, dan mengarahkan untuk mencapai tujuan keluarga.

Tidak ketinggalan, wanita “Manajer” berperan untuk memastikan setiap tugas dan fungsi dalam keluarga berjalan sebagaimana mestinya.

"Seorang perempuan yang berkeluarga teraplikasi di internal keluarga sebagai sosok istri atau pendamping suami dan seorang ibu melakukan peran untuk tugas-tugas tak tergantikan. Ini lah dimaksud lentera-lentera benderang menerangi keluarga," terang Fatimah yang juga Inisiator pembentukan PAUD di 13 Desa di Kecamatan Pantai Labu.

Terkait penerima penghargaan Gender Champion 2022, Fatimah menyebut hanya lah bonus. Terpenting, dapat meretas jalan berantas buta aksara bagi masyarakat pesisir Kecamatan Pantai Labu lewat PKBM Cendana yang dikelolanya sejak tahun 2006 lalu.

"Dihargai pemerintah atau tidak, saya
tetap berbuat untuk pemberdayaan masyarakat yang buta aksara sehingga melek aksara dengan program utama keasksaraan PKBM Cendana," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022