Direktorat Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Dekranasda Kabupaten Langkat melaksanakan kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Lembaga Datok Laksamana, Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura, dengan pendidikan tenun, diikuti 25 peserta.

Hal itu disampaikan salah satu Kabid Dinas Pariwisata Kebudayaan Junaidi Jusuf, di Stabat, Kamis (15/12).

Dimana kegiatan itu berlangsung selama 34 hari dengan pendidikan tenun selama 200 jam pelajaran di lembaga Tenun Datok Laksamana (Ibu Picuh) dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang.

Saat penutupan pelatihan juga dihadiri Ibu Plt Ketua Dekranasda Langkat Ny Hj Endang Kurniasih Syah Afandin, Ketua Harian Dekranasda Hj Nur Elly Heriani Rambe, MM, Sekretaris Dekranasda Sabarita, S.Sos, Perwakilan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara, Plt Kadis Koperasi, Camat Tanjung Pura, Perwakilan Ibu PKK Tanjung Pura, Kades Pekubuan dan para narasumber. 

Kegiatan ini menjadi rangkaian terakhir setelah selama 34 hari peserta mendapatkan pembelajaran serta pendidikan keahlian membuat kain tenun.

Diharapkan kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha ini dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha perajin tenun muda serta sekaligus melestarikan tenun di bumi Langkat yang religius ini.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022