Akses menuju Kecamatan Angkola Selatan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) arah dari Batas Kota Padang Sidempuan terancam putus total akibat separuh badan jalan amblas.

Camat Angkola Selatan Dody Kurniawan yang dikonfirmasi ANTARA, Minggu (11/12), mengatakan peristiwa amblasnya badan jalan itu akibat tingginya intensitas hujan di wilayah itu.

Lokasi peristiwa tepatnya di Desa Perkebunan Simarpinggan atau sekitar lima kilometer dari arah batas wilayah Kota Padang Sidempuan - Simarpinggan, Angkola Selatan.

"Panjang badan jalan utama yang amblas lebih kurang 50 meter ke kedalaman sekitar lima meter. Tidak ada korban. Hanya saja arus transportasi terganggu sehingga petugas buka tutup," jelasnya.

Ia mengatakan alat berat dari Dinas PUPR Tapsel tengah sedang diturunkan ke lokasi untuk mengantisipasi terjadinya ruas jalan putus total.

"Pak Bupati Tapsel sudah instruksikan PUPR untuk menurunkan alat berat sekarang. Karena khawatir ruas jalan putus total mengingat kontur tanah yang terus bergerak akibat tergerus erosi," katanya.

Sejumlah petugas juga kata dia, sudah berada di lokasi longsor nya badan jalan utama kecamatan yang terjadi pada siang hari ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022