Sekretaris Komisi II DPRD Kota Medan Wong Chun Sen menilai operasional RSUD H. Bachtiar Djafar memudahkan pelayanan kesehatan warga di kawasan Medan bagian utara.

"Kita menyambut baik, karena di Medan Labuhan menambah satu rumah sakit yang memudahkan masyarakat di Medan Utara," ujar dia di Medan, Sumut, Selasa.

Dengan pengoperasian rumah sakit ini, hingga saat ini Pemerintah Kota Medan memiliki dua rumah sakit, selain RSUD dr Pirngadi di Kecamatan Medan Timur.

Legislator ini berharap, RSUD H. Bachtiar Djafar di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kilometer 19 Kota Medan bisa meningkatkan akses pelayanan kesehatan, khususnya di Medan bagian utara.

Kawasan Medan bagian utara, meliputi empat kecamatan, yakni Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan, dan Medan Deli.

"Kita ingin rumah sakit tipe C ini dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan secara optimal," tutur Wong yang duduk di komisi dewan setempat yang antara lain membidangi kesehatan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan pengoperasian RSUD H. Bachtiar Djafar di Medan Labuhan, Kota Medan, Senin (5/12).

Rumah sakit ini memiliki total tujuh lantai dengan 44 kamar dan 108 tempat tidur terdiri atas kamar VIP, kelas I, kelas II, kelas III, serta kamar isolasi.

Fasilitas dan pelayanan kesehatan di antaranya IGD, laboratorium, radiologi, apoteker, rawat jalan, rawat inap, ICU, NICU dan PICU, kamar bedah dan ruang bersalin.

"Apalagi kita kan sudah terapkan UHC (cakupan kesehatan semesta). Jadi hal ini mempermudah warga di Medan Utara dalam hal pelayanan rumah sakit," kata Wong.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022