Kopi Sipirok, brand kopi dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, yang merupakan binaan PT PLN (Persero) menembus pasar global.

Pimpinan MJ Coffee, Nanang, dalam keterangan tertulis di Medan, Senin, mengatakan perjalanan panjang usaha mereka yang akhirnya mendapat dukungan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero).

Momen yang meningkatkan kemampuan MJ Cofee untuk masuk ke pasar internasional dan berhasil meningkatkan produksi mereka hingga lima kali lipat.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN, bantuan ini benar-benar bermanfaat dalam peningkatan produksi kopi. Kami juga berhasil membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat sekitar  dan terus meningkatkan jumlah produksi untuk ekspor Kopi Sipirok," ucapnya.

Nanang menyebutkan, pembangunan green house ini mengatasi salah satu kendala terbesar yaitu pengeringan biji kopi. Hasilnya, produktivitas kelompok tani meningkat dengan kemampuan pengeringan biji kopi mencapai 1 ton per bulannya, 5 kali lipat dari kapasitas sebelumnya 200 kg per bulan yang dikelola secara tradisional.

"Peningkatan produktivitas kopi Sipirok ini tentunya berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan MJ Coffee hingga 3 kali lipat dari sebelumnya Rp30 juta menjadi Rp95 juta," jelasnya.

Nanang menambahkan, kesertaan mereka dalam berbagai pameran yang didukung oleh PT PLN (Persero), turut memperluas jangkauan pelanggan mereka hingga ke pasar global.

"Tercatat saat ini biji Kopi Sipirok produksi MJ Coffee telah berhasil menembus pasar internasional. Sepanjang 2022, MJ Coffee mencatat telah berhasil mengekspor 500 kilogram green bean coffee ke Singapura dan 1,5 ton ke Malaysia," katanya.

General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Tonny Bellamy mengatakan PLN tidak sekadar memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan produksi.

Menurut dia, PLN juga akan mengukur dampak setelah bantuan itu diberikan kepada penerimanya. Hal ini dilakukan sebagai evaluasi efektivitas bantuan yang telah diberikan.

"Dengan dukungan PLN ini, Kopi Sipirok bisa membawa berkah bagi pembangunan ekonomi daerah. Hal ini sejalan dengan komitmen PLN dalam menerapkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) yang menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat," kata Tonny.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022