Balai pelatihan kerja komunitas berbasis kompetensi bidang pembuatan busana tailoring Pondok Pesantren Ruhul Islam, Desa Sialambue, Kecamatan Barumun, telah resmi dibuka oleh Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Padang Lawas ( Palas) Ratna Dewi, Senin (5/12) siang.

Acara pembukaan pelatihan kerja kimunitas berbasis kompetensi ini diawali dengan acara peresmian gedung balai latihan kerja komunitas ( BLKK) tersebut, di Ponpes setempat.

Mewakili Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Palas Ratna Dewi, Kabid Pelatihan Kerja Idris Mandefa diacara ini mengatakan pelatihan kerja komunitas berbasis kompetensi bidang pembuatan busana tailoring ini, diharapkannya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, termasuk bagi para peserta kegiatan pelatihan itu. 

Untuk itu berpesan, kepada seluruh peserta supaya mengikuti kegiatan pelatihan itu dengan baik, hingga nantinya bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan, dan bisa membuka usaha secara mandiri untuk mendongkrak pendapatan ekonomi masing - masing kedepannya.

Sebelumnya, Kakan Kemanag Palas H. Abadul Manan menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan kerja komunitas berbasis kompetensi di Ponpes Ruhul Islam tersebut. Melalui kegiatan pelatihan itu nanti, ia berharap, dapat menciptakan wirausahaan baru dibidang pembuatan busana tailoring di Palas. Dan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas oleh para peserta.

"Ikuti kegiatan ini dengan sungguh - sungguh, hingga nanti anak - anak kami semua bisa menghasil prodak - prodak yang dapat bersaing dipasaran. Dan tujuan balai pendidikan untuk peingkatkan SDM masyarakat menuju Indonesi maju dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan bersama dengan pemerintah kedepan, amin,"tutur Kakan Kemenag Palas.

Ketua BSPPL Palas H Pauzan Hamidy Hasibuan juga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan pelatihan kerja komunitas berbasis kompetensi tersebut. 

Untuk peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat, ia berharap, sekitar 15 Ponpes, dari 30 Ponpes yang sudah memiliki gedung BLKK tergabung dalam organisasi BSPPL, dapat diusulkan pembangunannya oleh Pemkab Palas dan Kemenag Palas kepada Kementerian Tenaga Kerja ditahun anggaran 2023 depan.

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Ruhul Islam Misbah Fuadi Hasibuan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh tamu undangan atas kehadiran mereka diacara peresmian gedung BLKK, sekaligus pembukaan kegiatan pelatihan kerja komunitas berbasis kompetensi bidang pembuatan busana tailoring di Ponpes yang dipimpinnya itu. Melalui kegiatan tersebut ia berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi antara pihaknya dengan seluruh tamu undangan yang hadir pada acara kegiatan itu.

"Sekali lagi terimakasih saya ucapkan kepada bapak Kakan Kemenag, ibu Kadisnaker, bapak Kabid Pelatihan Kerja Idris Mandefa, dan ayahanda kami Ketua BSPPL atas dukungannya selama ini untuk pembangunan BLKK di Ponpes kita bersama ini,"ulang Misbah.

Acara ini turut dihadiri Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin HRP, SE dan Kepala Desa Sialambue Akhiron Habibi Hasibuan.

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022