Tiga dari empat orang peserta calon Sekda Mandailing Natal yang dinyatakan lulus administrasi pada jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) mengikuti tahapan pemaparan makalah dan wawancara di aula hotel Rindang, Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kamis (24/11).

Adapun ketiga peserta yang mengikuti seleksi pemaparan makalah dan wawancara tersebut adalah, Alamulhaq Daulay (Pj. Sekda Madina), Parlin Lubis (Kepala Dinas Perdagangan), dan Ahmad Faisal (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu).

Sedangkan, M Daud Batubara (staf ahli Bupati bidang pemerintahan dan hukum) tidak hadir dalam seleksi tersebut karena beliau saat ini sedang melakukan ibadah di tanah suci Makkah.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Madina, Abdul Hamid Nasution mengatakan, seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pertama Sekretaris Daerah Kabupaten Madina tahun 2022 ini berlangsung sejak 14 - 30 November 2022.

Sedangkan tim penguji dalam seleksi itu adalah Sekda Provinsi Sumut, Ir Arief Sudarto Trinugrogo MT dan Kepala BKD Provinsi Sumut, Safruddin.

Kemudian, Drs M Yusuf Nasution MSi dari tokoh masyarakat dan dua orang dari akademisi yakni Assoc Prof Dr Adi Mansar SH MHum dan Hazmanan Khair SE MBA Phd.

Bupati Madina, HM Jafar Sukhairi Nasution pada pembukaan seleksi berharap kepada peserta yang mengikuti seleksi untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. 

Ia menyampaikan, apapun nantinya keputusan dari tim dalam selesksi tersebut merupakan yang terbaik.

"Saya percaya, pejabat yang ikut seleksi menjadi Sekda Madina ini memiliki niat baik untuk memperbaiki Kabupaten Madina," ujarnya.

Jabatan Sekda ini, kata Sukhairi sering disebut sebagai kepala staf pemerintahan. Sudah pasti memiliki peranan penting untuk merangkul dan mengakomodisi persoalan internal bahkan menyeluruh.

"Tugasnya sangat berat, harus punya integritas, dimana Madina saat ini memiliki tagret yaitu WTP yang menjadi sorotam di Provinsi Sumut. Saya harap yang terpilih nanti punya konsep yang jelas," tegasnya.

Sukhairi berharap seleksi ini nantinya dapat melahirkan Sekda yang mampu memberikan yang terbaik, sehingga dapat membawa Madina untuk mencapai prestasi yang baik.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022