Anggota DPRD Kota Medan Dhiyaul Hayati mendorong Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara dapat mewujudkan program cakupan kesehatan semesta (UHC) di 2023.

"Kita mendorong Pemerintah Kota Medan mewujudkan UHC di Kota Medan mengingat dari data yang ada kurang satu persen lagi," tutur Dhiyaul di Medan, Selasa.

Dalam Permendagri No 84/2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2023, kata dia, telah disampaikan bahwa pemerintah daerah bisa menganggarkan iuran bagi program UHC.

Terutama iuran seluruh penduduk Kota Medan yang didaftarkan oleh pemerintah daerah dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III rumah sakit.

Data BPJS Kesehatan Cabang Medan menyebut hingga September 2022 tercatat jumlah penduduk yang terdaftar sebanyak 2.340.102 jiwa atau 92,6 persen dari total 2.527.059 penduduk.

"Tentu selain peserta jaminan kesehatan nasional, yakni pekerja penerima upah dan penerima bantuan iuran," terang dia.

Selanjutnya legislator ini mengatakan Pemerintah Kota Medan juga diwajibkan melakukan integrasi jaminan kesehatan daerah dan jaminan kesehatan nasional.

"Ini guna terselenggara jaminan kesehatan seluruh penduduk, dan tidak melakukan realokasi penganggaran JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)," ungkap Dhiyaul.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022