Pembangunan Bagas Godang Mandailing (HIKMA) di Kabupaten Langkat, terus diupayakan untuk diselesaikan, agar nantinya bisa dimanfaatkan untuk generasi mendatang, yang merupakan hibah (bantuan) dari Pemkab Langkat. Untuk kelanjutannya tahun 2022 ini juga ditampung penyelesaiannya.

Hal itu dijelaskan Ketua HIKMA Langkat H Imam Fauzi Hasibuan SH Gelar Ja Malintang kepada Wakil Ketua HIKMA Sumut H Syahrir Nasution SE MM Gelar  Sutan Kumala Bulan, saat melihat dari dekat Bagas Godang HIKMA Langkat, di Jalan Proklamasi Stabat, Jumat (18/11).

"HIKMA Langkat berterima kasih atas perhatian Pemkab Langkat dalam hal ini Plt Bupati H Syah Afandin SH, atas kelanjutan pembangunan Bagas Godang itu," katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua HIKMA Sumut H Syahrir Nasution SE MM menjelaskan pihaknya mencheck langsung Bagas Godang HIKMA Langkat itu, sebab ada pertanyaan kepada dirinya dari Sekretaris Umum HIKMA Sumut tentang kelanjutan Pembangunan Bagas Godang ini atas permintaan dari Ketua HIKMA Sumut.

Justeru itu jawabannya, yakni kelanjutan pembangunan Bagas Godang ini terus dilakukan penyelesaiannya yang merupakan perhatian dari Pemkab setempat.

Syahrir juga mendapatkan penjelasan pertapakan Bagas Godang etnis Mandailing yang ada di seputaran komplex Perkantoran Pemkab Langkat ini, merupakan hak pinjam pakai yang diberikan oleh Pemkab Langkat, sepanjang untuk aktivitas-aktivitas warga etnis Mandailing dalam meningkatkan serta melestarikan budaya etnis Mandailing, katanya.

Dimana sebelumnya sewaktu Ketuanya H Mukhlis Lubis dimulai pembangunan pertapakan itu disaat masa Bupati Kabupaten Langkat dijabat oleh Drs. H. Zulkifli Harahap diserahkanlah tanah pertapakan itu, lalu dilanjutkan dikepemimpinan Bupati Langkat H Syamsul Arifin SE.

Seriring berjalanya waktu hingga kini pembangunannya secara bertahap di masukkan kedalam APBD Kabupaten Langkat, setelah kepemimpinan Bupati Terbit Rencana PA Tahun 2021, dan direncanakan di Anggaran Tahun 2022 akan dilanjutkan lagi saat ini dipimpin Plt Bupati Langkat Syah Afandin.

Syahrir juga menegaskan pada kesempatan itu untuk sebagai masukan informasi satu-satunya Parsadaan HIKMA di Sumut hanya baru HIKMA Langkatlah yang memilki gedung Bagas Godang yang walaupun belum rampung 100 perseb, karena terus mendapatkan dukungan dari Pemkab Langkat .

Ia juga menyampaikan belajar dari yang ada ini kemungkinan HIKMA Kota Binjai akan menyusul dengan janji Wali Kota Binjai dihadapan ribuan warga Mandailing sewaktu dilaksanakannya peringatan Muharram 1444 Hijriah di pendopo Umar Baki pada bulan akhir Agustus 2022.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022