Malaysia berharap kunjungan wisata antar Indonesia dan Malaysia semakin membaik setelah pandemi COVID-19 mereda. 

"Malaysia dan Indonesia sama-sama berpotensi mendatangkan wisatawan di kedua negara. Jadi hubungan baik di sektor pariwisata harus sama -sama ditingkatkan," ujar Deputy Secretary General (Kebudayaan) Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia, Mohd Yusri Mohd Yusoff, di Medan, Kamis. 

Mohd Yusri Mohd Yusoff menjadi pemimpin pada kegiatan Tourism Malaysia Road Show To Indonesia, Jakarta dan Medan, 15-17 November 2022.

Tourism Malaysia Road Show To Indonesia itu digelar di Jakarta dan Medan.

Di Medan yang digelar di Hotel JW Mariot diikuti 16 agen perjalanan, dua operator taman hiburan di Malaysia, 12 perwakilan hotel, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dan Malaysia Airlines.

Didampingi Wakil Direktur Jenderal (Perencanaan) Tourism Malaysia, Iskandar Mirza Mohd Yusof, Mohd Yusri Mohd Yusoff, mengatakan, sejak pembukaan pintu masuk ke Malaysia pada 1 April 2022, hingga Juli Malaysia telah menerima 435.156 kunjungan wisatawan Indonesia. 

Jumlah itu sudah mulai meningkat sejak pandemi COVID-19 mereda. 

Malaysia sendiri pada tahun 2022 menargetkan 9,2 juta wisatawan asing dengan estimasi pendapatan sebesar RM26,8 miliar.

Dia berharap roashow ke Indonesia akan meningkatkan kunjungan ke Malaysia. 

Malaysia berharap menjadi destinasi utama untuk berlibur, perhelatan Meeting incentives Conference Exhibition (MICE) dan belanja untuk wisatawan Indonesia.

Malaysia juga menawarkan berbagai produk-produk wisata baru kepada wisatawan Indonesia, seperti Genting Skyworld dan Skytropolis di Genting Highlands serta Menara Merdeka 118 di Kuala Lumpur yang merupakan bangunan tertinggi kedua di dunia. 

Konsulat Jenderal Malaysia di Medan YM Aiyub Bin Omar menyebutkan, roadshow Tourism Malaysia ke Medan juga akan bisa menyasar ke provinsi lain di Sumatera.

Dia mengakui kunjungan wisatawan asal Sumut ke Malaysia cukup bagus karena jarak tempuhnya yang lebih dekat. Sebaliknya warga Malaysia juga tren meningkat ke Sumut. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony mengapresiasi Roadshow Tourism Malaysia.

Menurut dia, di era global tidak lagi bisa sendiri-sendiri, tetapi harus berkolaborasi untuk mendapatkan kunjungan wisatawan. 

"Kalau hubungan Indonesia dan Malaysia semakin membaik, tentu kunjungan wisman di Sumut/Indonesia maupun Malaysia juga membaik," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022