Wali Kota Medan Bobby Nasution mengharapkan uji kompetensi wartawan (UKW) angkatan 46/2022 menghasilkan wartawan berkualitas menyampaikan program kerja Pemkot Medan ke masyarakat.

"Tentu dibutuhkan peran media menyebarluaskan informasi, lalu program dan kebijakan Pemkot Medan agar diketahui oleh masyarakat luas," terang Bobby di Medan, Selasa (15/11).

Hal itu ditegaskannya saat membuka UKW angkatan 46/2022 diikuti sebanyak 42 orang wartawan Pemkot Medan merupakan hasil kerja melalui Dinas Kominfo Kota Medan dan Persatuan Wartawan Unit Pemkot Medan.

Karena, lanjut dia, jika kebijakan tersebut dijalankan bersama oleh masyarakat, maka dampaknya akan besar bagi ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Wali kota juga mengatakan bahwa pemerintahan hanya membuat kebijakan dan aturan, sedangkan yang menjalankan adalah masyarakat.

"Bagaimana kemampuan Pemkot Medan membuat aturan dan kebijakan itu, bisa sampai dan diketahui oleh masyarakat," tutur Bobby didampingi Kadis Kominfo Kota Medan Arrahmaan Pane.

Ketua PWI Sumatera Utara Farianda Putra Sinik mengapresiasi atas berlangsungnya kegiatan UKW angkatan 46/2022 sejalan visi misi PWI menciptakan wartawan yang kompeten harus melalui ujian.

"Setiap wartawan harus di uji dulu, sehingga diharapkan melalui ujian ini melahirkan wartawan yang kompeten, profesional dan beretika," ujarnya.

Ketua Wartawan Persatuan Unit Pemkot Medan Syaifullah melaporkan UKW angkatan 46/2022 diikuti sebanyak 42 peserta sehari-hari bertugas di Pemkot Medan maupun sekitar Kota Medan.

"Para peserta akan di uji selama dua hari. Untuk itu kita harapkan seluruh peserta bisa lulus seluruhnya," kata Syaifullah.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022