Perum Jasa Tirta (PJT) I melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan traktor roda empat kepada Pemerintah Kabupaten Toba, Sumatera Utara. 

Dalam rilis, Selasa (15/11), disebutkan, bantuan tersebut sebagai bagian turut berkomitmen mendukung upaya pemulihan ekonomi melalui upaya peningkatan pertumbuhan di sektor pertanian pasca pandemi COVID-19 di Kabupaten Toba. 

Bantuan diserahkan Kepala Sub Divisi Jasa ASA V/2 PJT I, Mahendra Sitinjak dan diterima Sekretaris Daerah Pemkab Toba, Augus Sitorus didampingi Kepala Bagian Ekonomi, Jeffry Maradona Nainggolan. 

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi mengatakan, bantuan traktor diberikan sebagai langkah perusahaan dalam menjaga ketersediaan pangan. 

"Kami ingin ikut menjaga kestabilan ekonomi di tengah dinamika global saat ini. Maka dari itu, kami menilai ketahanan pangan perlu menjadi fokus bersama untuk mewujudkan pangan yang berdaulat dan mandiri," ujarnya, Selasa (15/11). 

Saat ini, Pemkab Toba dalam upaya meningkatkan bahan pangan dan hortikultura telah memprogramkan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) padi dan produk pertanian lainnya menjadi tanam dua kali dalam setahun.

Peningkatan IP ini dilakukan melalui optimalisasi lahan sawah seluas 17.438 hektar dan potensi lahan kering seluas 30.000 hektare. 

Sejalan mendukung program tersebut, PJT I turut berkontribusi melalui penyediaan satu unit traktor roda empat kapasitas 40 tenaga kuda. 

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang telah dipetakan pada masing-masing BUMN melalui program TJSL untuk peningkatan produksi dan produktivitas Indeks Pertanian. 

Menurutnya, sinergi dengan Pemkab Toba merupakan salah satu cara yang ditempuh perusahaan untuk dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Diharapkan, sinergi ini dapat terjalin dengan baik dan hadirnya PJT I dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022