Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, melatih pembuatan desain kemasan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya untuk meningkatkan penjualan produk hingga dapat merambah pasar global.

"Kita gelar pelatihan ini agar para pelaku UMKM dan IKM kita memiliki kemampuan untuk mendesain kemasan produk usaha mereka," kata Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution di Medan, Sumut, Selasa.

Kegiatan pelatihan yang digelar di Kantor Dinas Perindustrian Kota Medan selama sepekan ke depan ini dilakukan agar para pelaku usaha di Kota Medan dapat membuat desain kemasan yang menarik bagi produknya.

Menurut dia, salah satu langkah pemasaran yang tepat adalah dengan pengemasan produk yang baik dan menarik, sehingga dapat meningkatkan nilai jual bagi produk itu sendiri.

"Tentunya kemasan yang menarik dapat menjadikan produk usaha lebih diminati. Artinya, jika produk usaha ini memiliki kemasan yang lebih menarik, maka dapat dipastikan produk tersebut dapat bersaing dengan produk-produk yang ternama," ujarnya.

Baca juga: Rapat paripurna, Pemkot Medan terus tingkatan pajak retribusi daerah

Ia menambahkan bahwa pihaknya gencar melakukan pelatihan kepada para pelaku usaha dan produk lokal agar dapat berkembang dan naik kelas sehingga dapat merambah pasar global.

Melalui UMKM dan IKM yang berkembang, diharapkan dapat berperan dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah terutama pendapatan dan penghasilan bagi perajin dan pelaku usaha, serta mempercepat pertumbuhan IKM dan UMKM sehingga Kota Medan bisa pulih dari kondisi pandemi.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, para peserta dapat mengikuti dan memahami dengan baik informasi yang disampaikan narasumber untuk menjadikan kemasan produk usahanya lebih menarik," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022